Buah Apel Bisa Jadi Pilihan Camilan Sehat saat Diet

JAKARTA - Menjalani proses menurunkan berat badan, makanan yang dikonsumsi setiap hari harus diperhatikan. Tak hanya makanan utama, tetapi juga makanan ringan atau camilan yang dikonsumsi.

Makanan ringan yang dikonsumsi saat diet harus sehat dan rendah kalori. Apel bisa menjadi pilihan camilan sehat ketika program diet.

Dilansir dari Eating Well, apel mengandung kalori dan glikemik indeks yang rendah. Dengan demikian, mengonsumsi apel sebagai makanan ringan saat diet tidak akan begitu memengaruhi batas asupan kalori harian yang sudah ditetapkan.

Pada buah apel juga terkandung serat yang tinggi, terutama di bagian kulitnya. Serat yang tinggi akan membuat rasa kenyang bertahan lama, sehingga tidak menginginkan makanan ringan lainnya.

Apel juga memiliki kandungan air yang tinggi, mencapai 85 persen hingga 86 persen dari beratnya. Bersama dengan serat, air dalam apel mampu membuat Anda kenyang dan terhidrasi, sehingga membantu meredam nafsu makan.

Dalam mengonsumsi apel, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan. Namun, yang paling disarankan adalah konsumsi apel secara utuh, tanpa memprosesnya dahulu agar nutrisi apel yang masuk ke dalam tubuh juga utuh.

Jika merasa bosan makan apel saja secara utuh, Anda dapat menggabungkannya dengan bahan makanan lain yang baik untuk menurunkan berat badan. Seperti memakan apel dengan selai kacang atau keju, sebagai camilan yang bervariasi.