Kominfo Ajak Masyarakat Jaga Ruang Digital Menjelang Pilkada 2024

JAKARTA - Menjelang Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Serentak 2024 pada 27 November mendatang, Kementerian Komunikasi dan Informatika mengajak semua masyarakat Indonesia untuk bekerja sama menjaga ruang digital tetap aman.

Menkominfo Budi Arie Setiadi mengatakan bahwa di masa kampanye ini menjadi momentum penting dalam menjaga dan merawat ruang digital agar tetap demokratis, kondusif, serta penuh kegembiraan.

"Mari kita saling bahu-membahu mewujudkan Pilkada yang kondusif, aman, dan damai, demi mewujudkan demokrasi yang bermakna dan berkualitas," ujar Budi dalam Deklarasi Pilkada Damai 2024 dan Anti-Hoaks pada Kamis, 3 Oktober.

Dalam deklarasi ini, Budi menyampaikan tiga komitmen Kominfo dalam mewujudkan Pilkada Damai 2024. Pertama, Kominfo, KPU, Bawaslu RI dan Platform Digital berkomitmen penuh untuk mengkampanyekan dan menjaga ruang digital yang kondusif dan damai sepanjang perhelatan pilkada 2024.

Selain itu, Kominfo juga berkomitmen penuh untuk memberantas segala bentuk konten negatif di internet, yang melanggar peraturan perundang-undangan, terutama perang terhadap hoaks terkait Pilkada.

"Ketiga, Kementerian Kominfo, KPU, RI, Bawaslu RI dan platform digital berkomitmen untuk membuka ruang kerjasama dengan berbagai elemen masyarakat Mulai dari tokoh agama maupun tokoh masyarakat, media, akademisi, organisasi masyarakat sipil, komunitas, penggiat media sosial dan elemen masyarakat lainnya untuk mewujudkan Pilkada Damai 2024 secara kolaboratif," tutup Budi.