3 Minuman Paling Cocok Dinikmati saat Menyantap Sushi

JAKARTA - Sushi cukup dikenal sebagai makanan khas Jepang yang populer karena terdiri dari bahan-bahannya yang segar dan persiapan yang rumit. Selain itu, pembuatan sushi membutuhkan perpaduan yang cermat untuk benar-benar meningkatkan rasanya.

Ada banyak minuman yang dapat dinikmati saat bersama sushi. Memilih minuman yang tepat untuk menemani menyantap sushi dapat meningkatkan pengalaman bersantap yang menarik.

Baik itu memilih air soda, minuman anggur, atau teh hijau menyegarkan, setiap minuman menawarkan kualitas unik yang melengkapi rasa sushi. Dengan mempertimbangkan pilihan ini, Anda dapat menikmati hidangan sushi yang lengkap dan memuaskan.

Berikut 3 pilihan minuman terbaik yang dapat dinikmati saat menikmati sushi, seperti dilansir dari laman slurpp.

1. Air soda

Air soda adalah pilihan yang tepat karena menyegarkan. Air soda sangat cocok untuk dipadukan dengan sushi. Air soda membantu membersihkan lidah saat menyantap berbagai jenis sushi. Hal ini menjadikan air soda sebagai minuman cocok untuk hidangan sushi. Gelembung-gelembung dalam air soda membantu menghilangkan komponen sushi yang berlemak, seperti salmon atau tuna, sehingga menghasilkan rasa menyegarkan.

Rasa air soda menetralkan rasa alami bahan-bahan sushi, seperti ikan segar, nasi, dan rumput laut, untuk menonjol. Pilih air berkarbonasi berkualitas tinggi dengan rasa yang bersih dan segar. Merek yang menawarkan air berkarbonasi kaya mineral dapat menambahkan sedikit rasa yang kompleks tanpa mengalahkan rasa sushi.

2. Teh hijau

Teh hijau adalah minuman khas asal Jepang. Minuman berwarna hijau ini menjadi pilihan yang tepat dan alami untuk disajikan bersama sushi. Rasanya yang sedikit pahit membuatnya menjadi pelengkap makanan sushi. Teh hijau dikenal karena sifat antioksidan dan rasanya yang lembut. Teh hijau sangat cocok menjadi pelengkap sushi.

Teh hijau rasanya sedikit pahit, menghilangkan kekayaan rasa sushi dan membersihkan lidah. Kualitasnya yang menenangkan dapat memberikan kontras yang seimbang dengan rasa sushi. Teh hijau dapat membantu menetralkan minyak dari ikan, sehingga meningkatkan pengalaman bersantap secara keseluruhan.

Anda bisa memilih jenis teh hijau sencha, gyokuro, dan matcha. Sencha adalah jenis teh hijau yang paling umum. Sencha menawarkan rasa yang seimbang dengan sedikit manis dan gurih, sehingga sangat cocok untuk berbagai jenis sushi.

Sementara, teh gyokuro berkualitas tinggi dengan rasa yang kaya, manis, dan hasil akhir yang lembut. Teh ini cocok untuk sushi yang lebih lembut dan memberikan pengalaman rasa yang mewah. Anda juga bisa minum teh hijau jenis Matcha yang menawarkan rasa lebih kuat dan dapat menjadi pasangan yang menarik untuk sushi.

Sajikan teh hijau panas atau dingin, tergantung dengan keinginan Anda. Siapkan teh panas dan nikmati bersama sushi. Jika Anda lebih suka pilihan yang lebih dingin, sajikan dalam keadaan dingin, terutama saat cuaca panas.

3. White wine

White wine atau anggur putih rasanya menyegarkan dan sangat cocok untuk sushi. Jenis wine atau anggur seperti Sauvignon Blanc, Pinot Grigio, dan Riesling menawarkan keseimbangan yang menyegarkan dan melengkapi rasa sushi.

Keasaman dan kekentalan ringan dari anggur ini cocok untuk berbagai jenis sushi, mulai dari sashimi ringan hingga roti gulung yang lebih kaya.

Keasaman dalam anggur putih membantu mengurangi kekayaan rasa sushi, terutama yang mengandung bahan-bahan lembut seperti alpukat atau mayones pedas.

Selain itu, aroma anggur putih yang ringan dan beraroma buah dapat meningkatkan kesegaran ikan dan menyeimbangkan rasa umami yang ditemukan dalam sushi.

Riesling menjadi pilihan tepat, karena rasanya sedikit manis. Jenis anggur ini sangat cocok untuk sushi yang memiliki sedikit rasa pedas.Saran Penyajian

Sajikan anggur putih dingin untuk mengeluarkan kualitasnya yang menyegarkan. Pastikan anggur putih disajikan dengan dingin. Suhu yang lebih dingin dapat meningkatkan kerenyahan dan keasamannya, sehingga cocok untuk disajikan bersama sushi.