Bergaya dengan Batik, Simak Tips Padu padan untuk Berbagai Acara

JAKARTA - Beberapa tahun terakhir batik tidak hanya dikenakan dalam kegiatan resmi, tetapi juga bisa dalam kehidupan sehari-hari. Para desainer lokal juga kini sudah mengeluarkan motif batik yang lebih modern.

Namun, dalam pengunaan batik di kehidupan sehari-hari harus tetap menjaga esensi kebudayaannya dan disesuaikan dengan event atau acara yang dihadiri. Hal ini diungkap oleh Fashion Stylist, Yoland Handoko.

“Dua dekade belakangan sudah banyak desainer Indonesia yang mengolah kain batik dengan desain yang lebih modern. Tapi dalam mengenakan batik, tolong dihargai kebudayaan kita ini, sesuaikan dengan event,” kata Yoland Handoko saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, pada Rabu (2/10/2024).

Ketika menghadiri acara yang santai, bisa mengenakan baju batik dengan lengan pendek, yang dipadankan dengan celana jeans dan sneakers.

“Jika eventnya kasual, silakan padankan kemeja (batik) lengan pendek dengan celana denim, blazer, dengan sneakers. Asalkan padu-padannya dengan benar, enak dilihat, silakan saja,” jelasnya.

Jika menghadiri acara yang resmi, disarankan mengenakan kemeja batik dengan lengan panjang. Kemeja tersebut sebaiknya dipadankan dengan celana bahan panjang.

“Cuma jika acarnyaa formal, yang orang-orang biasa pakai jas, suit, kenakan batik yang memang bahan sutra, lengan panjang dipadankan dengan celana panjang, sepatu pantofel,” tambahnya.

Yoland Handoko menegaskan, padu padan batik merupakan kebebasan bagi setiap orang, tetapi harus tetap menghargainya. Ia juga menyampaikan, batik dapat dipadankan dengan beragam aksesori agar tidak terlalu monoton.

“Silakan berkarya, padu padankan dengan baik, tapi tetap hargai karya kain batiknya sendiri yang disesuaikan dengan acara yang didatangi,” ujarnya.

“Jika ingin memakai batik yang sama di event berbeda, bisa dengan tambahan aksesori,” pungkas Yoland Handoko.