Rayyanza Dapat Medali di Berlin-Marathon, 6 Manfaat Olahraga Lari Bagi Anak

JAKARTA - Aksi gemas Rayyanza Malik Ahmad mencuri perhatian netizen usai mengikuti ajang lari maraton bersama orang tuanya dalam BMW Berlin-Marathon yang digelar pada Sabtu, 28 September 2024. Tak ketinggalan sang kakak, Rafathar Malik Ahmad juga menjadi sorotan usai mengikuti lari bersama Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

Acara ini terdiri dari beberapa kelas maraton, termasuk Bambini-Run untuk anak usia 0 - 10 tahun. Rafathar dan Rayyanza ikut marathon untuk kategori anak-anak usia nol hingga 10 tahun dengan jarak lari mulai dari 200 hingga 1000 meter.

Rupanya, olahraga lari memiliki manfaat luar biasa untuk anak-anak. Lantas apa saja manfaat lari bagi anak? Berikut manfaat olahraga lari bagi anak-anak, seperti dilansir dari laman Run For Good pada Rabu (2/10/2024).

1. Manfaat untuk Kesehatan fisik

Anak-anak yang suka berlari akan memiliki otot dan tulang lebih kuat dan mengurangi risiko obesitas atau diabetes tipe 2. Anak-anak yang suka olahraga lari juga memiliki tekanan dan kadar kolesterol darah yang lebih rendah. Anak-anak yang aktif berlari akan mendapatkan tidur lebih nyenyak dan lebih menangani emosional dan fisik yang akan dihadapi.

2. Membentuk Kebiasaan Olahraga Hingga Seumur Hidup

Ketika anak-anak berlari, terutama jika m berpartisipasi dalam ajang lari atau melakukannya secara teratur sebagai kegiatan keluarga, mereka akan menciptakan kebiasaan berlari. Memulai kebiasaan olahraga di awal kehidupan akan memiliki manfaat kesehatan mental dan fisik yang luar biasa bagi mereka, sekarang hingga masa depan. Berlari adalah salah satu olahraga yang bisa dimulai oleh anak-anak dan dapat berlanjut beberapa dekade setelahnya.

3. Membantu anak-anak belajar tentang ketekunan

Seperti olahraga apa pun, peningkatan tidak terjadi dalam semalam, jadi berlari dapat membantu anak-anak belajar tentang kekuatan ketekunan dan latihan. Ketika stamina dan kinerja meningkat, mereka dapat bertahan dengan stamina serta daya tahan tubuh yang kuat.

4. Meningkatkan kesehatan mental

Manfaat kesehatan mental dari berlari sangat luar biasa. Berlari adalah cara yang bagus bagi anak-anak untuk keluar dan menjelajahi lingkungan, meningkatkan kemampuan untuk berkonsentrasi dan fokus, serta mengurangi stres.

5. Meningkatkan harga diri dan kepercayaan diri anak-anak

Anak-anak yang berlari secara teratur akan mulai melihat bagaimana kinerja mereka meningkat ketika semakin banyak berlatih lari. Hal ini dapat meningkatkan harga diri mereka. Olahraga lari akan membantu meningkatkan tingkat kepercayaan diri dan mengembangkan rasa penguasaan atas tubuhnya sendiri. Saat mereka menetapkan tujuan lari dan mencapainya, kepercayaan diri mereka akan meningkat dan terbawa ke area lain, seperti sekolah dan kehidupan sosial.

6. Hidup Jadi Bahagia dan Aktif

Terakhir, berlari bisa menjadi cara yang bagus bagi anak-anak untuk bahagia dan menjadi aktif. Mereka akan dapat menikmati alam bebas dan belajar bagaimana mendorong batas fisik, dan berteman.