PT Samator Indo Gas Resmikan Pabrik Terbesar di Jajaran Fasilitasnya di Kawasan Industri Terpadu Batang

JAKARTA - PT Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) kembali mengukuhkan dirinya sebagai pusat pertumbuhan industri strategis di Indonesia dengan meresmikan pabrik terbaru milik PT Samator Indo Gas Tbk (Samator). Pabrik yang berdiri di atas lahan seluas 28.010 m² ini merupakan fasilitas terbesar Samator di seluruh Indonesia, dan menjadi bagian penting dari pengembangan industri gas nasional.

Direktur Utama Samator, Rachmad Harsono, menyampaikan apresiasi kepada KITB atas dukungan yang terus diberikan.

"Kami bangga bisa bertumbuh bersama KITB. Fasilitas ini tidak hanya terbesar di antara pabrik-pabrik kami, tetapi juga dilengkapi dengan teknologi energi terbarukan, seperti solar panel, untuk mendukung operasional yang lebih ramah lingkungan," jelas Rachmad, dalam keterangannya, Selasa 1 Oktober.

Ia menambahkan, Samator berkomitmen untuk menyuplai gas industri ke seluruh tenant di KITB serta kawasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Penjabat Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, turut hadir dalam acara ini dan menyampaikan pentingnya sinergi antara industri dan pemerintah dalam mendorong perekonomian daerah.

"Pabrik ini adalah contoh nyata bagaimana kawasan industri seperti KITB dapat berperan besar dalam memperkuat industri lokal sekaligus memberikan dampak positif bagi perekonomian

regional," ungkap Nana.

Direktur Utama KITB, Ngurah Wirawan, juga menyampaikan kebanggaannya atas kemitraan yang terjalin dengan Samator.

"Kami selalu berkomitmen menyediakan infrastruktur terbaik yang mendukung pertumbuhan tenant kami. Dengan hadirnya pabrik Samator yang modern ini, kami semakin yakin bahwa KITB dapat menjadi kawasan industri yang hijau, pintar, dan berkelanjutan," ujarnya.

Melalui investasi sebesar Rp500 miliar, perusahaan yang telah berdiri sejak tahun 1975 ini menghadirkan keunggulan fasilitas pabrik di KITB dengan teknologi Air Separation Units (ASU) 7000 untuk mengoptimalkan proses produksi. Dengan kemampuan menghasilkan 7000 Liquid Oxygen (LOX), 7000 Liquid Nitrogen (LIN), dan 280 Liquid Argon (LAR), pabrik ke-56 Samator ini mampu menghasilkan kapasitas produksi yang terbesar di seluruh Indonesia untuk memenuhi kebutuhan oksigen secara masif bagi industri.

Dilengkapi dengan dua turbine expander (satu sebagai cadangan) dan Safety Instrumented System (SIS) untuk mengatur keamanan aliran, suhu, serta tekanan, khususnya terkait produk oksigen maupun tangka penyimpanan O2, pabrik ini juga menjamin keselamatan operasional yang optimal.

Selain itu, penggunaan Cross Flow Induced Draft Cooling Tower dengan drip loss dan evaporation loss rendah, serta pemanfaatan tenaga surya yang ramah lingkungan, semakin menegaskan

komitmen Samator terhadap efisiensi dan keberlanjutan.

Keberadaan pabrik Samator di KITB menegaskan posisi kawasan ini sebagai pusat industri strategis di Indonesia, sekaligus memperkuat peran industri lokal dalam menghadapi tantangan global.