Bagaimana Kabar Pabrik BYD di Indonesia? Ini Progresnya

JAKARTA - Dari awal masuk Indonesia, raksasa otomotif China yaitu BYD menegaskan tak hanya bertujuan menjual kendaraan andalannya di pasar dalam negeri tapi juga  berkomitmen berinvestasi dengan memproduksi mobil listrik secara lokal alias membuka pabrik di Indonesia.

Seperti diberitakan VOI sebelumnya, pabrik tersebut berlokasi di Subang, Jawa Barat dan diungkap bahwa sudah mulai proses pembangunan. Hal itu pernah diungkapkan oleh of Marketing & Communication PT BYD Motor Indonesia Luther Panjaitan. 

Lantas bagaimana kelanjutan pembangunan pabrik BYD di Indonesia? 

"Semua jalan on track dan kemarin kita baru lakukan meeting update laporan ke lembaga pemerintah dan mereka happy dengan progres kita," kata Luther, saat ditemui di kawasan Jakarta, baru-baru ini. 

Lebih lanjut ia mengungkapkan secara detailnya memang belum diungkapkan, tapi secara progres itu nyata terlihat sampai saat ini. Selain itu, program dengan pemerintah juga tetap berjalan. 

Luther juga menyatakan bahwa nantinya model yang sudah ada di Indonesia akan dirakit di pabrik tersebut. Artinya, empat model yang sudah ada sekarang seperti Dolphin, Atto 3, Seal dan M6 akan dirakit lokal. 

"Memang dalam komitmen investasi itu kendaraan yang di impor itu harus kita produksi di Indonesia, entah spesifikasinya sama atau lebih dari yang sudah ada," tutupnya.