FIFA Umumkan 12 Stadion Piala Dunia Antarklub 2025 di Amerika

JAKARTA - FIFA mengumumkan 12 stadion dari 11 lokasi yang akan menjadi tuan rumah pertandingan Piala Dunia Antarklub 2025. Stadion MetLife di East Rutherford, New Jersey, secara resmi ditetapkan sebagai lokasi final pada 13 Juli 2025.

Stadion yang akan digunakan, di antaranya Stadion Mercedes-Benz di Atlanta, Stadion Hard Rock di Miami Gardens, Stadium Lincoln Financial Field di Philadelphia, dan Stadion Lumen Field di Seattle.

Selain itu, Rose Bowl di Pasadena, California, yang menjadi lokasi final Piala Dunia 1994, juga akan menjadi tuan rumah, bersama dengan Stadion Camping World di Orlando, yang juga pernah digunakan pada Piala Dunia 1994.

Piala Dunia Antarklub 2025 akan diikuti 32 tim dari seluruh dunia.

Juru bicara  Piala Dunia Antarklub Kristel Valencia-Savage mengatakan Presiden FIFA, Gianni Infantino tidak dapat memberikan komentar lebih lanjut mengenai pemilihan lokasi ini.

Namun, keputusan FIFA tersebut telah menimbulkan kritik dari Fifpro, organisasi serikat pemain internasional, yang menyoroti jadwal padat turnamen yang berlangsung pada akhir musim 2024/2025.

Fifpro berpendapat jadwal ini akan mempersingkat waktu istirahat dan pemulihan pemain, serta mengabaikan kesehatan mental dan fisik mereka, termasuk waktu bersama keluarga.

Piala Dunia Antarklub 2025 akan melibatkan delapan grup yang masing-masing terdiri dari empat tim. Dua tim terbaik dari setiap grup akan melaju ke babak sistem gugur.

Beberapa tim yang sudah dipastikan lolos ke turnamen tersebut meliputi klub-klub papan atas dari Eropa, Amerika Selatan, Amerika Utara dan Tengah, Afrika, Asia, dan Oseania, seperti Real Madrid, Juventus, Bayern Munchen, Manchester City, Boca Juniors, Palmeiras, dan Seattle Sounders.