Google Tambahkan Indikator Penyimpanan di Web Gmail

JAKARTA – Baru-baru ini, Google meluncurkan pembaruan kecil ke dalam website Gmail. Perusahaan itu menambahkan indikator penyimpanan dari layanan cloud milik Google. Indikator ini juga menjadi pintasan Google One. 

Mengutip dari laporan 9to5google, indikator penyimpanan ini akan muncul saat pengguna mengeklik gambar profil di sudut kanan atas untuk beralih akun. Keterangan khusus untuk penyimpanan cloud ini ditempatkan di bagian bawah menu Keluar dari Semua Akun. 

Pengguna akan melihat logo penyimpanan dan keterangan jumlah yang telah terpakai. Misalnya, jika pengguna berlangganan penyimpanan cloud sebesar 2TB, keterangan yang muncul adalah, "3 persen dari 2TB digunakan." 

Jika indikator penyimpanan itu diklik, pengguna akan beralih ke halaman one.google.com/storage. Halaman ini menampilkan informasi penyimpanan yang lebih rinci. 

Indikator penyimpanan ini tidak hanya terlihat di mode peralihan akun Gmail, tetapi juga ditambahkan ke layanan Google lainnya seperti Docs, Sheets, dan Slide. Tampilannya juga sama, hanya menyertakan jumlah pemakaian penyimpanan dalam bentuk persentase. 

Meski Google Drive merupakan platform penting untuk menyimpan berbagai jenis file, Google tidak menambahkan indikator penyimpanan di platform tersebut. Hal ini dilakukan karena Drive sudah memiliki indikator khusus. 

Perlu diingat bahwa perubahan ini hanya terlihat jika pengguna membuka Gmail, Docs, Sheets, atau Slide melalui browser desktop. Pengguna tidak akan melihat indikator penyimpanan jika membuka web Gmail melalui browser ponsel karena antarmukanya yang sangat berbeda.