Begini Cara Mengunci Halaman Profil Facebook

JAKARTA – Facebook memiliki fitur yang bisa menjaga profil Anda tetap tertutup. Disebut dengan Kunci, fitur ini akan membatasi akses pengguna lain ke halaman profil Anda untuk menjaga penyebaran informasi ke publik.

Saat fitur ini diaktifkan, pengaturan postingan akan berubah dari 'Publik' ke 'Teman' secara otomatis. Oleh karena itu, hanya pengguna yang sudah berteman yang bisa melihat postingan Anda. Tak hanya postingan, foto sampul dan profil juga hanya bisa dilihat oleh teman.

Beberapa fitur lainnya yang akan disembunyikan dari publik saat Kunci aktif adalah halaman informasi pengguna, Story, tinjauan profil, tinjauan tag, dan lainnya. Jika Anda tertarik untuk mengaktifkan fitur ini, berikut ini caranya, dikutip dari How to Geek.

Kunci Profil Melalui Desktop

Anda bisa mengunci akun Facebook melalui browser apa pun, baik itu Firefox, Chrome, Safari, Edge dan lainnya. Anda juga bisa membuka situs web Facebook melalui Windows, Mac, Chromebook, atau Linux. Sebelum mengunci profil, pastikan akun Anda sudah mssuk ke web Facebook.

  1. Buka halaman Facebook.
  2. Klik gambar profil Anda, lalu klik nama akunnya.
  3. Di halaman profil, klik ikon titik tiga di samping tombol Edit Profil.
  4. Saat jendela menu muncul, klik opsi Kunci Profil.
  5. Untuk mengonfirmasi, ketuk tombol Kunci Profil Anda.

  6.  

Kunci Profil Melalui Ponsel

Jika Anda terbiasa membuka Facebook melalui aplikasi seluler di iOS atau Android, Anda tetap bisa mengunci profil dengan mudah. Anda hanya perlu membuka aplikasi dan mengikuti tahapan berikut ini.

  1. Buka halaman profil dengan mengeklik gambar profil.
  2. Saat halamannya terbuka, klik ikon titik tiga di samping Edit Profil.
  3. Saat jendela menu terbuka, pilih Kunci Profil.
  4. Konfirmasi tindakan dengan mengeklik Kunci Profil Anda.