Korban Tewas Akibat Badai Helene di AS Kini Capai 33 Orang

JAKARTA - Korban tewas akibat badai Helene di tenggara Amerika Serikat (AS) kini mencapai 33 orang. Badai memicu banjir hingga tanah longsor.

Di Tennessee, kekhawatiran akan jebolnya bendungan di dekat kota Newport mendorong para pejabat memerintahkan evakuasi di kawasan pusat kota. Bendungan lain di Carolina Utara berada di ambang kegagalan.

Sebelum bergerak ke utara melalui Georgia dan ke Tennessee dan Carolina, Helene menghantam wilayah Big Bend Florida sebagai badai Kategori 4 dengan kecepatan angin 140 mph (225 kph).

Bencana ini meninggalkan kekacauan berupa perahu-perahu terbalik di pelabuhan, pohon-pohon tumbang, mobil-mobil yang terendam, dan jalan-jalan yang terendam banjir.

Hingga Jumat, 27 September sore, kekuatan badai tersebut turun dengan kecepatan angin maksimum 35 mph (55 kph), kata Pusat Badai Nasional.

Namun hujan lebat yang terjadi di Helene masih menimbulkan bencana banjir di banyak daerah, dan polisi dan petugas pemadam kebakaran melakukan ribuan penyelamatan air di seluruh negara bagian yang terkena dampak.

Lebih dari 50 orang terjebak di atap rumah sakit di Unicoi County, Tennessee, sekitar 120 mil timur laut Knoxville, ketika banjur terjadi.

Otoritas setempat mengatakan orang-orang itu berhasil diselamatkan.