Menlu Retno Tegaskan Keteguhan Tujuan Indonesia Soal Penghapusan Total Senjata Nuklir

JAKARTA - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, rasa takut terhadap senjata nuklir tidak menjadi jaminan perdamaian, menegaskan kembali keteguhan tujuan Indonesia soal penghapusan total senjata nuklir.

Itu disampaikan Menlu Retno dalam Pertemuan Tingkat Tinggi Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk memperingati Hari Internasional Penghapusan Total Senjata Nuklir, menggarisbawahi komitmen kuat Indonesia dalam mewujudkan dunia yang bebas dari senjata nuklir.

Dalam pidatonya di Markas Besar PBB, New York, Amerika Serikat Hari Kamis, Menlu Retno mengingatkan, meskipun dunia memimpikan masa depan bersama yang penuh harapan, kenyataannya dunia masih berada di bawah bayang-bayang ancaman kehancuran nuklir.

"Sebanyak 13.000 senjata nuklir masih dimiliki oleh beberapa negara, termasuk yang berada di luar NPT (Perjanjian Non-Proliferasi Senjata Nuklir)," ungkapnya, dalam keterangan Kementerian Luar Negeri RI, Jumat 27 September.

Lebih jauh Menlu Retno juga menyoroti kekhawatiran global atas mundurnya kesepakatan- kesepakatan pengendalian senjata, meningkatnya retorika nuklir yang agresif, serta kemajuan teknologi seperti kecerdasan buatan (AI) yang semakin memperumit risiko nuklir.

"Dalam perkembangan yang suram ini, kita harus bertanya pada diri sendiri: Apakah rasa takut terhadap senjata nuklir menjadi jaminan perdamaian? Jawaban Indonesia akan selamanya tidak," tegasnya.

Setelah secara resmi menyampaikan instrumen ratifikasi Perjanjian Pelarangan Senjata Nuklir (TPNW) kepada PBB tanggal 25 September silam, Menlu Retno menegaskan kembali Indonesia menolak berdiam diri di tengah ancaman perang nuklir yang hari ini lebih tinggi daripada masa Perang Dingin.

Dalam kesempatan ini, Menlu Retno menyerukan tiga langkah aksi konkret. Pertama, memulai negosiasi perlucutan senjata dengan sungguh-sungguh. Dikatakannya, berdiam diri bukanlah pilihan.

"Kita harus memperbarui kemauan politik dan menggandakan upaya kita untuk memajukan perlucutan senjata, membangun kembali kepercayaan, dan bergerak menuju dunia bebas senjata nuklir," kata Menlu Retno.

Berikutnya, menghadapi risiko teknologi yang berkembang. Menlu Retno menyerukan pentingnya regulasi yang kuat dan pengendalian yang ketat untuk mencegah meningkatnya ancaman konflik nuklir akibat kemajuan teknologi.

Terakhir, Menlu Retno mengatakan pentingnya menjaga perdamaian. Menurutnya, untuk membangun perdamaian, ada sejumlah hal yang harus dikesampingkan, mulai dari perpecahan, ketidakpercayaan dan paradigma lama, serta memilih persatuan kerja sama dan komitmen terhadap perdamaian.

Menutup pidatonya, Menlu Retno mengatakan pilihan-pilihan yang kita buat hari ini akan membentuk dunia bagi generasi mendatang.

"Rasa takut tidak boleh menjadi penentu masa depan kita. Indonesia tetap teguh dalam tujuannya untuk penghapusan total senjata nuklir," pungkas Menlu Retno.