Pembaruan NotebookLM Kini Tambahkan Dukungan Audio dan YouTube

JAKARTA - Google meluncurkan pembaruan ke NotebookLM, asisten riset dan penulisan berbasis AI miliknya, yang menjadikannya lebih canggih dibandingkan versi sebelumnya. 

Dengan pembaruan ini, Anda dapat menambahkan URL YouTube publik dan berkas audio langsung ke buku catatan Anda, bersama PDF, Google Docs, Slides, situs web, dan banyak lagi.

Dalam pengujian awal yang dilakukan internal perusahaan, NotebookLM yang baru dapat menganalisis video. Jadi, ketika Anda mengunggah video atau URL YouTube, AI akan langsung meringkas poin-poin utama dari video. 

Namun, Anda akan tetap bisa mengeksplorasi lebih mendalam melalui kutipan sebaris yang ditautkan langsung ke transkrip video tersebut. 

Selain itu, Anda juga dapat menghubungkan atau menemukan keterkaitan antara berbagai bagian dalam sebuah rekaman suara. Dengan demikian, kemudian Anda bisa meminta NotebookLM untuk menelusuri percakapan yang ditranskripsi untuk menemukan informasi tertentu.

Terakhir, Anda juga bisa mengubah rekaman kelas, catatan tulisan tangan, dan slide kuliah menjadi panduan belajar yang komprehensif hanya dengan satu kali klik.

“Saat Anda mengunggah sumber, alat tersebut langsung menjadi ahli, mendasarkan responsnya pada materi Anda dengan kutipan dan tanda kutip yang relevan,” kata Google di blog resminya. 

NotebookLM adalah asisten riset dan penulis bertenaga AI milik Google yang diperkenalkan pertama kali pada Google I/O bulan Mei lalu. Saat ini, NotebookLM ditenagai dengan Gemini 1.5 Pro. 

Saat meluncurkan NotebookLM, Google memiliki tujuan untuk menciptakan alat untuk membantu memahami dan menjelajahi materi yang kompleks, membuat koneksi baru dari informasi, dan mencapai draft pertama lebih cepat.