Cara Meredakan Batuk dengan Pijatan pada Titik Akupuntur Tiongkok

YOGYAKARTA - Bosan dengan batuk yang tak kunjung reda? Mungkin pijatan adalah solusi yang Anda cari. Lantas bagaimana cara meredakan batuk dengan pijatan?

Meskipun terdengar sederhana, namun pijatan pada titik-titik akupuntur tertentu telah lama digunakan untuk meredakan berbagai keluhan kesehatan, termasuk batuk. Yuk, simak cara meredakan batuk dengan pijatan yang efektif dan aman!

Bagaimana Cara Meredakan Batuk dengan Pijatan?

Dilansir dari laman Massage Therapy Palo Alto, batuk bisa disebabkan oleh penumpukan lendir di dada. Perlu diketahui, tepat di bawah tulang selangka terdapat lekukan yang duduk di samping tulang dada.

Untuk memijat, tekan ke arah dada di kedua sisi tulang dada pada persimpangan dengan tulang selangka. Titik tersebut meredakan penumpukan lendir di dada, masalah pernapasan, dan batuk.

Kemudian carilah vertebra servikal terakhir di bagian belakang orang yang batuk. Ini dapat dikenali karena menonjol sedikit lebih jauh di ujung tulang belakang servikal daripada vertebra di sekitarnya.

Sebelum melanjutkan baca juga artikel yang membahas: 5 Titik Akupuntur Wajah untuk Kecantikan ala China Kuno

Selanjutnya, coba hitung tiga vertebra ke bawah. Dari vertebra toraks ketiga ini, gerakkan kedua ibu jari ke kiri dan kanan sekitar lima sentimeter ke arah tulang belikat, hingga ibu jari tenggelam ke dalam dua lekukan. Pada titik ini, tekan tiga hingga enam kali secara berurutan.

Sementara itu, menurut pengobatan Tiongkok, batuk sebenarnya disebabkan oleh pembalikan ke atas dari mekanisme qi. Pengobatan Tiongkok percaya bahwa paru-paru mengontrol qi dan mengatur pernapasan.

Selain itu, menurut pengobatan Tiongkok yakin jika batuk ada hubungannya dengan paru-paru, yaitu saat batuk disebabkan oleh qi jahat dari organ dalam.

Titik Akupunktur Pijat Batuk (freepik)

Titik Akupunktur Pijat Batuk

Titik Akupunktur LU 9 termasuk dalam meridian paru-paru tangan-Taiyin, yang biasa digunakan untuk meredakan batuk dan asma, sakit tenggorokan, mati rasa dada, nyeri sendi pergelangan tangan, dan denyut nadi lemah.

Titik ini juga merupakan pertemuan denyut nadi dari delapan titik pertemuan dan titik pertemuan di mana qi dan darah dari organ dalam berkumpul. Memijat titik ini juga memiliki efek mengatur qi dan darah serta membuka sumbatan pembuluh darah.

Anda juga dapat melakukan terapi pada titik taiyuan acupoint therapy. Pijat pada titik ini berguna untuk mengatasi batuk dan asma. Gunakan ibu jari untuk mengurut titik akupunktur Taiyuan selama 3 menit hingga terasa nyeri. Cara ini dapat dengan cepat meredakan batuk dan asma.

Selain meredakan batuk, titik taiyuan juga dapat mengobati untuk nyeri dan kesemutan di telapak tangan. Tekan titik akupunktur taiyuan dengan ibu jari untuk beberapa saat, lalu lepaskan dan ulangi 5 hingga 10 kali untuk meredakan nyeri dan kesemutan di telapak tangan.

Titik ini juga efektif untuk sakit tenggorokan, berikut urutan dan teknik pijatnya:

  • Pertama, secara bergantian tekan titik Hegu dengan ibu jari selama 1 menit
  • Kemudian gunakan ibu jari dan jari tengah satu tangan untuk menjentik titik Shaoshang sekitar sepuluh kali
  • lalu ganti tangan untuk memijat sisi lainnya
  • kemudian buatlah kepalan tangan dengan kedua tangan dan rentangkan ibu jari, gosok titik akupunktur Renying dengan ujung jari selama 1 menit
  • kemudian tekan titik akupunktur Taiyuan 30 kali

Selain cara meredakan batuk dengan pijatan, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari VOI dan follow semua akun sosial medianya!