Cara Menghilangkan Cat Rambut di Tangan dengan Mudah

YOGYAKARTA - Kebanyakan orang memilih untuk mewarnai rambut di rumah daripada pergi ke salon. Namun, mereka harus mengetahui cara menghilangkan cat rambut di tangan yang sulit untuk dibersihkan.

Pada umumnya, cat rambut akan meninggalkan noda pada beberapa area tubuh, misalnya dahi, leher, dan juga tangan. Noda ini memang bersifat tidak permanen, tetapi noda dari cat rambut tersebut akan sulit dihilangkan, terlebih lagi jika cat rambut memiliki warna gelap, misalnya cokelat dan hitam.

Jika tidak segera Anda hilangkan, noda akan semakin sulit untuk dihapus. Selain itu, bagi pemilik kulit sensitif, noda cat rambut di tangan dapat menimbulkan alergi hingga iritasi.

Lantas, bagaimana cara penanganannya? Bagi yang mengalami masalah serupa, simak cara menghilangkan cat rambut di tangan yang dilansir dari situs Healthline di bawah ini.

Ilustrasi. (Tim Mossholder/Unsplash)

Cara Menghilangkan Cat Rambut di Tangan

Anda dapat menerapkan beberapa cara sederhana di bawah ini:

Menggunakan air dan sabun

Langkah awal yang dapat dilakukan untuk menghilangkan cat rambut yaitu dengan mencuci tangan menggunakan air hangat dan sabun. Basuh dan gosokkan sabun ke tangan, kemudian bilas dengan air hangat. Cara ini akan lebih efektif jika noda cat tersebut belum mengering.

Menggunakan Alkohol

Untuk menggunakannya, tuangkan sedikit alkohol ke selembar kapas. Lalu oleskan dengan lembut pada bagian tangan yang bernoda.

Setelah cat rambut bersih, pastikan bilas area tersebut dengan air hangat dan sabun. Hal yang perlu diperhatikan, cara ini tidak disarankan bagi yang mempunyai kulit kering dan sensitif sebab dapat menyebabkan iritasi.

Menggunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan pembersih alami yang dapat membantu melenyapkan cat rambut di tangan. Terlebih bagi pemilik kulit sensitif, kandungan alami minyak zaitun tidak akan menjadikan kulit iritasi sehingga aman untuk digunakan.

Anda dapat tuangkan sedikit minyak zaitun pada kapas atau langsung dituangkan ke telapak tangan. Selanjutnya, gosokkan minyak zaitun secara perlahan ke area kulit yang bernoda. Diamkan hingga 8 jam, dan kemudian bilas dengan air hangat.

Mengggunakan Pasta Gigi

Selain berfungsi sebagai penghilang noda pada gigi, pasta gigi ternyata juga dapat membantu melenyapkan cat rambut di tangan. Caranya juga cukup praktis, yaitu dengan mengoleskannya pada bagian yang terpapar cat.

Gunakan pasta gigi non-gel, selanjutnya oleskan sedikit ke kapas atau jari. Oleskan secara lembut sembari dipijat pada area tangan yang terkena cat. Diamkan 5-20 menit, kemudian bersihkan dengan kain lap yang dibasahi air hangat.

Menggunakan Penghapus Cat Kuku

Penghapus cat kuku bisa jadi tidak aman diterapkan pada wajah atau leher, tetapi dapat membantu menghilangkan cat rambut di tangan. Oleskan sedikit penghapus cat kuku ke kapas, selanjutnya gosokkan pada bagian yang hendak dihilangkan.

Setelah noda mulai lenyap, jangan lupa cuci tangan dengan air dan sabun untuk menghilangkan bekas penghapus cat kuku.

Menggunakan Sabun Cuci Piring dan Soda Kue

Soda kue atau baking soda bersifat mengelupas, adapun sabun cuci piring dapat melarutkan pewarna. Jika Anda gabungkan keduanya, hal tersebut dapat menghilangkan cat rambut di tangan dengan mudah.

Untuk menggunakannya, campurkan sabun cuci piring dan soda kue sampai bertekstur seperti pasta. Gosokkan pasta tersebut dengan lembut di atas area tangan yang bernoda, selanjutnya bilas dengan air hangat.

Demikianlah ulasan tentang cara menghilangkan cat rambut di tangan. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.