Cara Mencegah Ular Masuk Rumah Tanpa Alat Mahal

YOGYAKARTA – Indonesia mulai memasuki musin penghujan. Di musim tersebut salah satu yang perlu diwaspadai adalah keberadaan ular. Di musim itu telur ular juga mulai menetas sehingga intensitas penemuan ular mulai sering terjadi. Agar tak membahayakan keluarga, simak cara mencegah ular masuk rumah.

Cara Mencegah Ular Masuk Rumah

Ada banyak alasan mengapa ular berpotensi berkeliaran di lingkungan rumah. Misalnya karena predator mereka mulai berkurang, atau keberadaan makanan. Di luar dari alasan tersebut, berikut ini beberapa cara mencegah agar ular tak masuk ke pekarangan maupun ke dalam rumah.

  1. Bersihkan Rumah dan Pekarangan Sesering Mungkin

Rumah sangat mudah bersembunyi di gudang, tumpukan barang bekas, dan sebagainya. Untuk membatasi tempat persembunyian ular sangat disarankan untuk membersihkan rumah dan pekarangan sesering mungkin. Hindari penumpukan barang bekas agar tak dijadikan sarang ular.

Disarankan pula untuk memotong rumput atau mengurangi dahan pohon. Rumput dan dahan pohon adalah tempat paling sempurna bagi ular untuk merambat dan bersembunyi.

  1. Hindari Membuang Sampah Organik Sembarangan

Sampah organik mampu mengundang ular dan hewan melata lain. Efek ini dipicu dari keberadaan tikus, serangga, atau hewan lain yang jadi mangsa ular. Saat hewan tersebut memakan sampah organik secara tidak langsung akan mengundang ular yang lapar.

Disarankan untuk benar-benar memperhatikan tempat pembuangan sampah baik organik maupun non-organik.

  1. Perhatikan Genangan Air di Area Rumah

Disarankan untuk memperhatikan tempat-tempat yang berpotensi menjadi sumber genangan air seperti di saluran air, penampungan, dan sebagainya. Perlu diketahui bahwa beberapa jenis ular menyukai lingkungan yang lembab bahkan basah. Tempat ini membantu mereka mendinginkan tubuh.

Usahakan untuk menutup tandon atau tempat penampungan secara rapat agar tak dijadikan sebagai tempat tinggal ular.

  1. Bersihkan Puing

Jika di pekarangan terdapat puing-puing, baik batu atau sisa bangunan, maka perlu dibersihkan. Puing tersebut berpotensi jadi sarang ular untuk bersembunyi. Anda bisa memindahkan atau membuang puing-puing tersebut dari pekarangan rumah.

  1. Tutup Lubang

Lubang saluran air atau lubang lain bisa menjadi tempat tinggal ular. Untuk mencegah hal itu terjadi, usahakan agar lubang benar-benar tertutup. Anda bisa memasang penghalang untuk menghindari ular mudah masuk.

  1. Gunakan Pengharum

Disarankan untuk menggunakan pengharum ruangan khususnya di area yang rawan dikunjungi ular. Untuk area luar rumah, Anda bisa menggunakan bahan menyengat untuk mengusir ular seperti dupa atau obat nyamuk. Bisa juga dengan menanam tanaman berbau menyengat seperti serai.

Hal itu dilakukan karena ular memiliki penciuman yang sangat tajam. Bau-bau menyengat akan mengganggu mereka. Ular akan memilih pergi dan menghindari area dengan bau menyengat.

Selain mengetahui cara mencegah ular masuk rumah, ketahui apa yang harus kita lakukan saat bertemu ular.

Itulah beberapa cara mencegah ular masuk rumah. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.