Cagub Andika Perkasa Dicuekin, Polda Jateng Anggap Ada Pihak Lain yang Ingin Suasana Pilkada Keruh

SEMARANG - Video yang memperlihatkan Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo tidak bersedia menyalami Calon Gubernur Jateng, Andika Perkasa menjadi trending topik di berbagai media. Banyak yang menyayangkan kejadian tersebut.

Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto meluruskan bahwa peristiwa itu tidak ada unsur kesengajaan. Sebab jika dicermati, saat itu Kapolda yang sedang berjalan hendak meninggalkan kantor KPU Jateng, sudah menundukan kepala untuk berpamitan.

"Jadi saat itu tidak ada unsur kesengajaan tidak mau bersalaman," terang Kombes Artanto dalam keterangan tertulis, Rabu, 25 September.

Menurut Artanto, berbanding terbalik saat keduanya bertemu diruang transit di KPU Jateng dalam acara pemilu damai, pada Selasa malam, 24 September.

"Dimana antara Pak Andika dengan Pak Ribut di ruang transit menunjukkan sikap yang bersahabat, karena keduanya selain bersalaman dan cipika-cipiki juga ngobrol akrab membahas berbagai hal," ucapnya.

Adanya video yang terkesan Kapolda enggan bersalaman dengan Pak Andika, dinilai Artanto, sengaja diunggah ke media dengan tujuan untuk memperkeruh suasana.

Kata Artanto, video sengaja diarahkan oleh orang yang tidak senang pilkada berlangsung damai, aman dan nyaman.

"Untuk itu kami yakinkan bahwa keakraban, soliditas antara TNI dan Polri tetap terjalin dan terjaga dengan baik," pungkasnya.