Bagnaia Berharap Momen Sulit Musim Lalu di Sirkuit Mandalika Tak Terulang

JAKARTA – Juara bertahan MotoGP, Francesco Bagnaia, berharap tidak menemui hambatan apa pun sejak sesi latihan untuk menghadapi MotoGP Mandalika 2024 pada akhir pekan ini.

Pebalap asal Italia itu musim lalu berhasil keluar sebagai juara di Sirkuit Mandalika. Namun, perjuangannya tidak mudah karena selama sesi latihan dan kualifikasi ia kesulitan menemukan setelan terbaik antara motor dan ban.

"Musim lalu tidak begitu ideal karena saya kesulitan sejak awal dan kemudian harus mengawali balapan dari posisi ke-13," ujar Bagnaia dalam konferensi pers di Jakarta pada Rabu, 25 September 2024, siang WIB.

Bagnaia dan timnya pun baru berhasil menemukan setelan ideal pada motor mereka saat sesi pemanasan sebelum puncak balapan yang berlangsung pada Minggu siang.

Pebalap berusia 27 tahun itu kemudian memanfaatkan peluangnya setelah Jorge Martin terjatuh. Pebalap asal Spanyol itu adalah rival utama Bagnaia musim lalu dalam persaingan mengunci gelar juara.

Bagnaia berharap momen yang kurang menyenangkan tahun lalu tidak terulang tahun ini sehingga ia bisa dengan mulus mengejar ambisi juara di Mandalika.

"Namun, pada saat balapan Minggu, kami berhasil melakukan sesuatu yang hebat dan akhirnya memenangi balapan. Musim ini saya ingin mengawali akhir pekan dengan lebih baik," ujar dia.

Rangkaian balapan di Sirkuit Mandalika akan dimulai pada Jumat, 27 September 2024 dan akan diakhiri dengan puncak balapan pada Minggu, 29 September 2024, siang WIB.

Bagnaia saat ini masih menempati peringkat kedua klasemen sementara pebalap dengan koleksi 317 poin. Dia terpaut 24 poin dari Jorge Martin di posisi wahid.

Masih ada lima seri setelah Mandalika, yaitu Jepang, Australia, Thailand, Malaysia, dan Valencia. Untuk menjaga kans juara, maka Bagnaia harus menghindari kehilangan poin di sisa balapan itu.