Masalah Finansial Berlanjut, India Terancam Dicoret dari Kalender MotoGP 2025

JAKARTA - Balapan MotoGP India terancam dicoret dari kalender MotoGP 2025. Seri itu kabarnya batal digelar lantaran masalah keuangan tuan rumah.

Dikutip dari Autosport pada Rabu, 25 September 2024, diketahui bahwa pada kalender MotoGP 2025 balapan di India bakal ditiadakan. Hal itu terjadi karena persiapan penyelenggaraan kurang mendapat dukungan finansial dari sponsor utama mereka, Invest UP.

Invest UP adalah sebuah badan usaha pemerintah daerah Uttar Padesh, daerah Sirkuit Internasional Buddh yang rencananya menjadi lokasi akan digelarnya balapan.

GP India sebenarnya sudah melakoni debut di kalender MotoGP 2023. Saat itu balapan masih dipromotori Fairstreet Sports.

Sementara Invest UP telah mengambil alih promosi acara untuk edisi 2025 dan telah disetujui Dorna Sports hingga berakhir pada 2029.

Masalah finansial juga melilit India pada balapan MotoGP musim 2024. Karena gagal menjadi tuan rumah, slot kosong kemudian menjadi GP Emilia Romagna yang sudah berlangsung akhir pekan lalu.

Absennya MotoGP India kemungkinan besar berlanjut pada musim 2025. Selain masalah finansial, Dorna juga mempertimbangkan cuaca India yang tak mendukung pada September.

Semula jadwal MotoGP India 2025 akan diubah dari September ke Maret dengan harapan kondisi cuaca lebih baik dan sejuk. Namun, Dorna kemungkinan akan mencoret India dari kalender musim depan karena beberapa faktor kurang mendukung.

Hingga saat ini, kalender lengkap MotoGP 2025 memang belum dirilis secara resmi, tetapi beberapa balapan, seperti Thailand, Jerman, Republik Ceska, dan lokasi baru di Hungaria sudah ditetapkan secara resmi.

Persaingan MotoGP 2024 berlangsung sengit hingga menyisakan enam seri. Jorge Martin memimpin puncak klasemen dengan nilai 341 poin.

Martin saat ini unggul dari Francesco Bagnaia (317), Enea Bastianini (282), dan Marc Marquez (281) yang tengah bersaing ketat di posisi empat besar.