Indra Sjafri Beri Alasan Tak Pilih Arkhan Kaka Masuk Timnas Indonesia U-20

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri, menjelaskan alasannya tak memilih Arkhan Kaka masuk skuad untuk Kualifikasi Piala Asia U-20 2025.

Timnas Indonesia U-20 akan menjalani Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 pada 25-29 September 2024 di Stadion Madya, Jakarta. Untuk agenda itu, Indra Sjafri telah memanggil 23 pemain.

Dari daftar resmi yang telah dirilis, tidak ada nama Arkan Kaka. Terkait hal itu, Indra Sjafri menjelaskan bahwa keputusan tersebut diambil setelah berdiskusi dengan tim pelatih dan analisis data performa pemain.

Indra sepakat bahwa kesempatan kali ini diberikan kepada pemain kelahiran 2005 mengingat pemain kelahiran 2007 seperti Kaka masih memiliki peluang untuk tampil di turnamen berikutnya.

"Striker juga ada empat orang, Jens Raven, Muhammad Ragil, Ousmane Camara, dan Kaka. Saya diskusi dengan tim, menganalisis, kumpulkan semua data, akhirnya kami putuskan beri kesempatan yang kelahiran 2005," ujar Indra Sjafri saat konferensi pers pada Selasa, 24 September 2024.

Selain Kaka, satu pemain lain yang absen membela Garuda Muda pada agenda kali ini ialah Welber Jardim. Pemain keturunan Brasil itu dikabarkan tidak hadir meski sudah mendapat panggilan Indra Sjafri.

Meski mencoret Kaka, Indra tidak sepenuhnya menutup pintu bagi sang pemain untuk tampil di Piala Asia U-20 2025 yang digelar di China mendatang. Kans Kaka dipanggil ke skuad masih terbuka, tapi dengan catatan skuad Garuda Muda berhasil lolos dari babak kualifikasi.

"Apakah Kaka akan dipanggil lagi setelah ini? Kita lihat perkembangan pemain itu. Pemain itu 'kan besarnya di klub, kami lihat perkembangannya," ujarnya.

Indonesia U-20 akan memulai petualangan untuk meraih tiket ke putaran final Piala Asia U-20 2025 dengan bertemu Maladewa U-20 pada Rabu, 25 September 2024. Dua hari berselang, Garuda Muda akan menantang Timor Leste U-20.

Sementara laga pemungkas melawan Yaman U-20 akan dijadwalkan bergulir pada Minggu, 29 September 2024. Seluruh pertandingan akan digelar di Stadion Madya, Senayan.