Komentari Insiden Jorge Martin di MotoGP Emilia Romagna, Marc Marquez Sebut Bastianini Harus Dapat Hukuman

JAKARTA - Pebalap Gresini Racing, Marc Marquez, mengomentari insiden yang melibatkan Jorge Martin dan Enea Bastianini di MotoGP Emilia Romagna 2024.

Marquez menilai Enea Bastianini layak mendapatkan hukuman karena melakukan manuver agresif.

Bastianini berhasil keluar sebagai pemenang di MotoGP Emilia Romagna 2024 yang berlangsung pada Minggu, 22 September 2024.

Namun, kemenangan tersebut menyulut kontroversi lantaran manuver Bastianini saat menyusul Jorge Martin di lap terakhir dianggap membahayakan.

Bastianini diketahui menyalip Martin lewat sisi dalam sehingga Martin terpaksa harus keluar jalur. Bastianini juga keluar jalur akibat manuver itu, tapi ia berhasil ada di posisi terdepan hingga garis finis.

Terkait insiden tersebut, stewards MotoGP sudah menyatakan tidak ada investigasi lanjutan. Namun, Marc Marquez tak sepakat dengan keputusan stewards.

"Enea (Bastianini) juga keluar dari trek. Bagi saya, bila Enea keluar dari trek, seharusnya dia juga terkena hukuman mundur satu posisi," ucap Marc Marquez seperti dikutip dari Crash pada Senin, 23 September 2024.

Menurut Marc Marquez, manuver agresif di MotoGP seringkali tak bisa dihindari. Namun, penentunya adalah jalur motor pebalap yang melakukan manuver tersebut.

"Karena ketika seorang pebalap melakukan overtake yang agresif, tapi dia bisa tetap di dalam jalur balapan, hal itu tidaklah jadi masalah."

"Bila pebalap tersebut keluar dari trek, itu berarti seharusnya ia turun satu posisi. Saya tidak setuju dengan keputusan yang ada (soal tidak diadakannya investigasi)," tutur Marc Marquez.

Terlepas dari komentar Marquez soal insiden ini, Jorge Martin mampu menuntaskan balapan di posisi kedua, sementara Marc Marquez finis di posisi ketiga.

Jorge Martin saat ini jadi pemuncak klasemen dengan koleksi 341 poin, unggul 24 angka dari Francesco Bagnaia yang ada di posisi kedua.