Nomor Urut Pilkada Jakarta 2024: Ridwan Kamil-Suswono 1, Dharma-Kun Wardana 2 dan Pramono-Rano 3

JAKARTA - KPUD Jakarta melakukan pengundian nomor urut tiga bakal calon yang maju di Pilkada Jakarta 2024. Pasangan Ridwan Kamil mendapatkan nomor urut 1, Dharma Pongrekun dan Kun Wardana 2, Pramono Anung-Rano Karno 3

Pengundian nomor urut dilakukan di Kantor KPUD Jakarta, Senin, 23 September malam. Tak hanya pasangan calon, perwakilan partai politik pengusung hingga relawan pemenangan turut hadir, baik di dalam KPUD dan berada di sekitarnya.

Ridwan Kamil-Suswono diusung oleh 12 partai politik. Rinciannya, Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera, Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional, Partai Garuda, Partai Gelora, Partai Perindo, dan Partai Persatuan Pembangunan.

Ridwan Kamil sebelumnya menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat dan politisi Partai Golkar. Sedangkan Suswono adalah mantan Menteri Pertanian dan tercatat sebagai politikus PKS. 

Pramono-Rano diusung oleh PDIP sedangkan Dharma-Kun Wardana maju sebagai calon independen.

Komisioner KPU Jakarta, Astri Megatari menjelaskan penetapan nomor urut setiap pasangan calon akan dimulai pada pukul 19.00 malam.

“Hari ini kami akan mengadakan pengundian nomor urut pukul 7 malam di Kantor KPUD Jakarta,” kata Astri, Senin, 23 September. 

Astri mengatakan, nomor urut yang diambil pasangan calon akan jadi nomor resmi saat mereka berkampanye dan surat suara di Pilkada 2024. Pengambilan nomor urut nanti akan dilakukan dengan cara diundi.