Daftar Lengkap Penerima Penghargaan Inovasi Membangun Negeri 2024

JAKARTA - Sebagai wujud apresiasi terhadap kontribusi yang luar biasa dalam pembangunan bangsa, tvOne untuk ketiga kalinya menyelenggarakan penghargaan Inovasi Membangun Negeri 2024. Pengumuman peneria penghargaan Inovasi Membangun Negeri 2024 ditayangkan da hari Minggu, 22 September 2024 pukul 19.30 WIB.

Penghahrgaan ini diberikan kepada pemimpin daerah, pemerintah daerah, BUMN/BUMD, perusahaan swasta, dan tokoh nasional yang telah berhasil menciptakan inovasi diberbagai bidang, sehingga berdampak signifikan bagi masyarakat dan kemajuan bangsa.

Dedikasi, semangat positif dan komitmen teguh untuk terus berkembang mengikuti kemajuan zaman yang dilakukan oleh para penerima penghargaan ini patut diberikan apresiasi terbaik.

“Inovasi Membangun Negeri adalah penghargaan yang kami gagas untuk memberikan apresiasi bagi para tokoh, pemerintah dan juga pelaku usaha yang telah banyak memberikan inovasi dari sisi kebijakan, transformasi dan juga tindakan nyata untuk memajukan Indonesia menyongsong Indonesia emas 2045,” kata Taufan E.N Rotorasiko, selaku Direktur Utama tvOne dalam keterangan media.

Penghargaan ini lakukan dengan proses kurasi yang ketat dan bekerjasama dengan lembaga independen Universitas Bakrie untuk menjaga netralitas dan juga kredibilitas program ini.

“Dengan semakin meningkat nya jumlah kategori yang ada, tentunya ini menjadi kehormatan bagi kami sebagai penyelenggara yang kredibel, semoga penghargaan ini memberikan inspirasi bagi para pemimpin baik di sektor pemerintah dan swasta dan juga bagi masyarakat untuk terus bersama-sama membangun negara kita tercinta Indonesia Raya,” Tambah Taufan.

Berikut adalah para penerima penghargaan beserta inovasi yang mereka kembangkan:

1. Pemerintah Kabupaten Konawe Utara – Kategori Inovasi Pelayanan Publik Sektor Pendidikan dan Pertanian.

2. Pemerintah Kota Jayapura – Kategori Inovasi Pelayanan Publik Sektor Pendidikan dan Pariwisata.

3. PT HM Sampoerna Tbk. – Kategori Inovasi Untuk Corporate Social Responsibility (CSR) Pengembangan Sumber Saya UMKM yang Berkelanjutan.

4. Pemerintah Kabupaten Batanghari – Kategori Inovasi Pelayanan Publik Infrastruktur dan Tata Kota.

5. Pemerintah Kota Bitung – Kategori Inovasi Pelayanan Publik Layanan Kesehatan, Pendidikan dan Moderasi Beragama.

6. PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk – Kategori Inovasi Pelayanan Publik Kesetaraan dalam Lingkungan Kerja (TKPD).

7. Pemerintah Kabupaten Kotabaru – Kategori Inovasi Pelayanan Publik Infrastruktur Penunjang Pariwisata.

8. Pemerintah Kota Semarang – Kategori Inovasi Pelayanan Publik Sektor Ketahanan Pangan untuk Pencegahan Stunting.

9. Pemerintah Kabupaten Sumenep – Kategori Inovasi Pelayanan Publik Pendayagunaan Pentahelix.

10. Pemerintah Kota Makassar – Kategori Inovasi Pelayanan Publik Kota Sehat Asia Tenggara.

11. Pemerintah Kabupaten Natuna – Kategori Inovasi Pelayanan Publik Pengembangan SDM dan Infrastruktur di Wilayah Perbatasan.

12. PT Jasa Raharja – Kategori Inovasi Transformasi Layanan Publik Jasa Raharja Smart Digital Society.

13. PT Pos Indonesia (Persero) – Kategori Inovasi Untuk Transformasi Produk & Jasa Transformasi Produk Bisnis.

14. PT. BEHAESTEX – Kategori Inovasi Untuk Transformasi Produk & Jasa Inovasi dalam Menjaga Tradisi Budaya dan Kualitas Tenun (ATBM).

15. Klinik Dermapro Jakarta – Kategori Inovasi Untuk Transformasi Produk & Jasa Inovasi dalam Adaptasi Layanan Klinik Kecantikan dengan Metode Termutakhir.

16. Perumda Air Minum Jaya (PAM JAYA) – Kategori Inovasi Untuk Transformasi Produk & Jasa Peningkatan Pelayanan dengan Inovasi Reservior Komunal.

17. BP Batam – Kategori Inovasi Untuk Transformasi Produk & Jasa Pengembangan Infrastruktur.

18. Tas’an Wartono – Kategori Pemimpin/Pejabat Publik yang Inovatif Peningkatan Ketahanan Masyarakat dengan Program CSR.

19. Prof. Dr. (H.C.) Olly Dondokambey, S.E.– Kategori Pemimpin/Pejabat Publik yang Inovatif Tokoh Pemimpin Inovatif.

Penghargaan Inovasi Membangun Negeri juga menghadirkan talkshow yang memberikan kesempatan kepada para penerima penghargaan untuk membagikan kisah dan pencapaian mereka, juga menjelaskan upaya yang telah dilakukan untuk masyarakat.

Penghargaan Inovasi Membangun Negeri 2024 memberikan pesan bahwa para penerima penghargaan memainkan peran penting dalam mendorong inovasi di daerah, perusahaan, dan masyarakat. Selain memiliki otoritas dalam menetapkan kebijakan dan anggaran, mereka juga memiliki hubungan yang dekat dengan masyarakat, memungkinkan kebijakan yang lebih efektif dan berkelanjutan.

Melalui penghargaan ini, diharapkan para pemerintah daerah, pemimpin serta perusahaan di seluruh Indonesia terus termotivasi untuk menghasilkan inovasi yang dapat membawa kemajuan dan perubahan positif bagi bangsa di masa depan.