Google Photos Perbaiki Bug karena Fitur Pencarian Berbasis AI

JAKARTA – Google Photos meluncurkan fitur pencarian gambar berbasis Kecerdasan Buatan (AI) pads 5 September lalu. Sebelum diperluas ke lebih banyak perangkat, fitur bernama Ask Photos itu mengalami masalah.

Dilansir dari Android Police, versi terbaru Google Photos menyertakan bug yang membuat Ask Photos gagal menampilkan hasil pencarian, seperti menampilkan gambar yang tidak sesuai dengan perintah. Setelah 20 hari bermasalah, Google akhirnya meluncurkan perbaikan.

Google mengatakan bahwa bug ini hanya berdampak pada sebagian kecil pengguna di perangkat Android. Setelah menganalisis penyebab munculnya bug, tim Google Photos langsung memperbaiki fiturnya sehingga Ask Photos sudah berfungsi kembali seperti sebelumnya.

"Kami telah memperbaikinya dan kini penelusuran seharusnya berfungsi seperti yang diharapkan. Selain itu, Anda seharusnya dapat menggunakan penelusuran untuk menemukan foto dengan mudah menggunakan istilah dari keterangan foto Anda," kata Google melalui halaman Komunitas.

Untuk menghilangkan bug yang membatasi fungsi Ask Photos, pengguna diminta untuk memperbarui aplikasi ke versi 7.0.0.674947721 melalui Play Store. Setelah diperbarui, Ask Photos bisa melakukan pencarian gambar lagi berdasarkan konteks tertentu.

Pengguna bisa bertanya mengenai nama, lokasi, atau bahkan teks yang ada di dalam galeri. Ask Photos juga bisa mencari foto yang berkaitan dengan hobi pengguna, makanan yang disukai penggunanya, dan masih banyak lagi.

Ask Photos tersedia di Google Photos untuk Android dan iOS. Fitur dengan dukungan Gemini ini hanya tersedia dalam bahasa Inggris dan masih diperluas oleh Google. Oleh karena itu, masih banyak pengguna yang belum mendapatkan fitur ini.