Trump Tidak akan Mencalonkan Diri Lagi Jika Kalah dalam Pilpres AS November Mendatang

JAKARTA - Politisi Partai Republik Donald Trump mengatakan, dirinya tidak akan mencalonkan diri untuk keempat kalinya berturut-turut sebagai Presiden Amerika Serikat jika dia kalah dalam pemilihan umum 5 November, mengatakan "itu saja" dalam wawancara yang dirilis Hari Minggu.

Ketika ditanya kemungkinan mencalonkan diri lagi dalam empat tahun mendatang jika dia tidak berhasil dalam upaya ketiga berturut-turutnya untuk memimpin Gedung Putih, mantan presiden berusia 78 tahun itu mengatakan kepada program "Full Measure" milik Sharyl Attkisson: "Tidak, saya tidak. Saya pikir itu saja, itu saja. Saya tidak melihat itu sama sekali. Mudah-mudahan, kita akan berhasil," melansir Reuters 23 September.

Trump menghadapi persaingan ketat melawan petahana Wakil Presiden AS dari Partai Demokrat Kamala Harris, dengan jajak pendapat menunjukkan kedua kandidat bersaing ketat di negara bagian medan pertempuran utama yang kemungkinan akan menentukan pemenang, bahkan ketika Harris mulai unggul dalam jajak pendapat nasional.

Trump meluncurkan upaya pemilihan ulang pertamanya untuk pemilihan 2020 pada hari yang sama saat ia dilantik pada tahun 2017, mengumumkan upaya terbarunya untuk menduduki Gedung Putih dua tahun lalu pada Bulan November 2022.

Ia terus menerus menyalahkan kekalahannya pada tahun 2020 atas Presiden Demokrat Joe Biden atas kecurangan pemilih yang meluas, menghadapi tuntutan pidana federal dan negara bagian atas upaya untuk membatalkan hasil Pemilu.

Ketika ditanya apakah jeda empat tahun membantunya menyusun kembali rencana dan mencari tahu siapa yang dapat dipercayainya sebagai sekutu, Trump berkata: "Akan lebih mudah jika saya melakukannya secara berdampingan."

"Namun manfaatnya lebih dari apa pun, ini menunjukkan betapa buruknya mereka," imbuhnya.

Trump, yang berbicara dengan Attkisson di resornya di Florida, juga mengatakan "masih terlalu dini" untuk membuat kesepakatan dengan orang-orang untuk posisi apa pun di kabinet Gedung Putihnya jika ia menang pada Bulan November.