Irjen Pol Hadi Gunawan Jabat Kapolda NTB

JAKARTA - Inspektur Jenderal Polisi Hadi Gunawan mendapat amanah dari Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menduduki jabatan Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Kapolda NTB) menggantikan Irjen Pol Raden Umar Faroq.

Kepala Bidang Humas Polda NTB Kombes Pol. Rio Indra Lesmana melalui sambungan telepon di Mataram, Minggu, membenarkan adanya pergantian jabatan Kapolda NTB dari Irjen Pol Raden Umar Faroq yang kini masuk dalam masa pensiun kepada Irjen Pol Hadi Gunawan.

"Iya, sesuai Surat Telegram Kapolri, Bapak Irjen Pol Raden Umar Faroq yang masuk masa pensiun digantikan Bapak Irjen Pol Hadi Gunawan," kata Rio.

Dia memastikan pergantian jabatan Kapolda NTB tertuang dalam salah satu Surat Telegram Kapolri yang terbit pada 20 September 2024, yaitu Nomor: ST/2098/IX/KEP./2024, ST/2099/IX/KEP./2024, ST/2100/IX/KEP./2024, dan ST/2101/IX/KEP./2024.

Selain jabatan Kapolda NTB, sejumlah perwira menengah pada wilayah tugas NTB juga masuk dalam daftar mutasi 309 perwira tinggi dan menengah pada Korps Bhayangkara tersebut. Dia mengaku dirinya sebagai salah satu perwira menengah yang ikut masuk daftar mutasi.

"Saya juga masuk daftar mutasi, ditarik ke Mabes Polri, posisi jabatan lama lagi sebagai Auditor Kepolisian Madya Tingkat III Itwasum Polri," ucap dia.

Lebih lanjut, Rio menyampaikan belum ada informasi perkembangan untuk pelaksanaan serah terima jabatan (sertijab).

"Aturannya itu (sertijab) paling lama dua pekan setelah Surat Telegram Kapolri keluar," ujarnya.

Pejabat baru Kapolda NTB, Irjen Pol. Hadi Gunawan kini bertugas sebagai Koordinator Staf Ahli Kapolri. Sebelum berpangkat jenderal bintang dua, Hadi Gunawan tercatat pernah bertugas di wilayah NTB.

Pada tahun 2006, Hadi Gunawan bertugas sebagai Kasubdit 2 Ditreskrimsus Polda NTB dan pada tahun 2008 sebagai Kapolres Sumbawa Barat.

Alumni Akademisi Kepolisian 1991 itu terungkap seorang putra daerah NTB yang lahir di Selong, Kabupaten Lombok Timur, pada 8 Desember 1967.