Pramono: Kalau ASN Dukung Saya, Akan Saya Persijakan

JAKARTA - Bakal calon Gubernur Jakarta Pramono Anung menyebut akan menunjukkan keberpihakan pada klub sepak bola Persija Jakarta kepada pada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov DKI Jakarta.

Hal ini diungkapkan Pramono jika terpilih sebagai Gubernur Jakarta dan banyak ASN Pemprov DKI yang memilihnya saat pencoblosan Pilkada 2024.

"Saya kalau sudah mau jadi penggemar bola, enggak boleh setengah-setengah. Jadi, para ASN kalau nanti dukung saya, saya akan Persijakan," kata Pramono di acara Nyalain Pram, Jakarta Selatan, Sabtu, 21 September.

Pramono juga mengungkap akan mewajibkan para ASN untuk mengenakan kostum atau jersey Persija saat bekerja di kantor pada waktu-waktu tertentu.

Wacana ini sejatinya telah direncanakan oleh Anies Baswedan saat menjabat Gubernur DKI Jakarta. Anies ingin ASN DKI mengenakan kostum Persija di hari Macan Kemayoran itu bertanding. Namun, Anies belum merrealisasikan hal tersebut.

"Saya juga ingin apa yang disampaikan oleh Mas Anies pada waktu itu, menurut saya ada positifnya. Mas Anies mengatakan 'saya akan membuat suatu hari, hanya sayang belum terwujud, ASN saya akan punya kostum sebagai kostum Persija bagian dari Jakmania'. Itu kalau terjadi, luar biasa," ucap Pramono.

Selain itu, Pramono juga akan membangun Jakmania center di Jakarta International Stadium (JIS). Di mana, para suporter itu diperkenankan mengelola merchandise Persija dengan tujuan meningkatkan perekonomian dan membuat JIS lebih banyak dikunjungi masyarakat.

Lalu, Pramono ingin menjadikan para pemain Persija menjadi duta promosi atau pariwisata agar lebih dikenal masyarakat.

"Karena di Jakarta ini kan banyak sekali pemain-pemain yang terkenal. Misalnya, Witan, Ferrari, Gustavo. Kan layak untuk dipromosikan di bus-bus ataupun di acara-acara pemerintah Jakarta," imbuhnya.