Timnas Putri Indonesia akan Lawan Belanda

JAKARTA – Tim nasional putri Indonesia dipastikan akan menjalani pertandingan uji coba melawan timnas putri Belanda bulan depan nanti.

Anggota Komite Eksekutif PSSI Vivin Sungkono mengonfirmasi agenda tersebut dalam konferensi pers di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, pada Sabtu, 21 September siang WIB.

Vivin mengatakan bahwa pertandingan uji coba melawan timnas putri Belanda tersebut dijadwalkan akan berlangsung pada tanggal 25 Oktober nanti.

"Kami merasa terhormat karena federasi Belanda mengundang tim putri Indonesia untuk memainkan laga persahabatan tepat di FIFA Matchday melawan timnas Belanda," ujar dia.

Untuk menghadapi agenda tersebut, timnas putri Indonesia pun sudah mulai menjalani pemusatan latihan per hari ini Sabtu, 21 September. Kegiatan ini nanti akan dilanjutkan di Jepang.

Skuad Garuda Pertiwi rencananya bertolak ke Jepang pada tanggal 24 September terdekat. Total ada sebanyak 28 pemain yang akan bergabung di sana, termasuk pemain-pemain diaspora.

Vivin mengungkap bahwa selama di Jepang timnas putri Indonesia akan menjalani tujuh pertandingan persahabatan dengan klub lokal Jepang sebelum bertolak ke Belanda pada 21 Oktober nanti.

"Pemusatan latihan di Jepang tidak hanya di satu kota saja, tetapi pindah ke sekitar empat sampai lima kota. Mereka akan dilatih seperti pemain Jepang pada umumnya," ujar dia.

Rangkaian uji coba ini sebagai persiapan menghadapi Piala AFF Wanita di ujung tahun ini. Turnamen tersebut dijadwalkan berlangsung di Laos pada 23 November sampai 5 Desember nanti.