KSAD Maruli Simanjuntak Dukung Rehabilitasi Lingkungan Toba dengan Sumber Air Bersih dan Perahu Ponton

TOBA – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak meresmikan 50 titik sumber air bersih di wilayah Toba, Tapanuli Utara, pada Jumat, 20 September. Program ini merupakan bagian dari upaya TNI AD untuk mendukung kesejahteraan masyarakat setempat dan sektor pertanian.

Peresmian tersebut berlangsung di Desa Tarabunga, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba, yang dihadiri oleh pejabat daerah, tokoh masyarakat, dan warga setempat. KSAD didampingi Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana, Ny. Uli Simanjuntak, dalam sambutannya menekankan pentingnya akses air bersih untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

"Keberadaan 50 titik sumber air bersih ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama dalam hal sanitasi dan pertanian. Di Toba, ini baru langkah awal. TNI AD sudah membangun sekitar 2.700 sumber air bersih di berbagai wilayah Indonesia," ujar Jenderal Maruli dalam keterangan tertulis yang diterima VOI.

Program tersebut merupakan hasil kolaborasi antara TNI AD, pemerintah daerah, dan berbagai organisasi non-pemerintah. Selain memberi manfaat langsung kepada masyarakat, program ini juga mendukung pembangunan berkelanjutan di wilayah Toba.

Selain meresmikan sumber air bersih, KSAD juga meninjau operasional perahu ponton pengangkut sampah yang digunakan untuk membersihkan eceng gondok di Danau Toba. TNI AD menyerahkan tiga unit perahu ponton kepada pemerintah daerah Toba, Samosir, dan Simalungun untuk mendukung rehabilitasi lingkungan dan menjaga kebersihan Danau Toba.

"Permintaan bantuan untuk rehabilitasi lingkungan datang dari berbagai daerah seperti Jatiluhur, Manado, dan Danau Toba. Anggota kami bekerja keras mengangkut sampah, hingga akhirnya kami berinovasi menciptakan perahu ponton ini. Harapannya, inovasi ini bisa diteruskan oleh pemerintah daerah untuk menjaga lingkungan," jelas KSAD.

Selain perahu ponton, KSAD Jenderal Maruli juga menyerahkan bantuan makanan bergizi, tali asih untuk warakawuri, serta perlengkapan olahraga. Ini merupakan bentuk perhatian TNI AD terhadap kesejahteraan masyarakat dan dukungan terhadap pembangunan infrastruktur yang berdampak langsung pada kehidupan masyarakat serta pelestarian lingkungan.