6 Tips Menghilangkan Bau Amis pada Piring dengan Mudah

YOGYAKARTA - Pernahkah Anda mencuci piring dengan bersih, namun bau amis masih saja menempel? Namun tenang, karena ada beberapa cara menghilangkan bau amis pada piring yang bisa Anda lakukan di rumah.

Artikel ini akan memberikan Anda solusi praktis untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan beberapa tips dan trik sederhana, Anda bisa membuat piring Anda kembali bersih dan bebas dari bau aneh.

Menghilangkan Bau Amis pada Piring

  • Gunakan Cuka

Dilansir dari laman Good Housekeeping, salah satu solusi DIY yang brilian untuk menghilangkan bau amis jika sudah meresap adalah dengan cuka.

Campurkan tiga sendok makan cuka putih dan satu cangkir air dalam panci, lalu rebus selama beberapa menit. Perlu diketahui, cuka bersifat asam dan bau bersifat basa, sehingga dapat menetralkan bau.

  • Gunakan Rempah-Rempah

Kemudian ada beberapa saran lain untuk menghilangkan bau selain menggunakan cuka. Menurut McCormick's, terdapat cara ampuh yaitu menggunakan rempah-rempah yang direbus untuk menghilangkan bau yang tidak diinginkan yang masih tertinggal di dapur Anda.

Anda dapat menggunakan beberapa rempah-rempah termasuk jahe bubuk dan kayu manis. Caranya, rebus rempah ke dalam air selama setidaknya 15 menit.

  • Gunakan Lemon

Penetral bau populer lainnya adalah lemon. Cobalah dengan cara menggiling kulit jeruk yang dapat dibiodegradasi seperti jeruk, lemon, atau limau. Kemudian letakkan di tempat pembuangan sampah untuk menghilangkan bau yang tersisa.

Minuman Detox Rahim Terbuat dari Apa? Cek Bahan dan Cara Membuatnya di Sini

Apa yang Harus Dilakukan Jika Bau Amis Susah Hilang (freepik)

Apa yang Harus Dilakukan Jika Bau Amis Susah Hilang?

  • Nyalakan Lilin

Jika semua cara gagal, Anda bisa mencoba menyalakan lilin untuk mengatasi bau amis. Cobalah lilin dengan aroma yang menyenangkan, seperti lemon atau lavender, tetapi hindari lilin yang terlalu harum.

Lilin aromaterapi akan menyelimuti rumah Anda karena dapat bercampur dengan bau amis, sehingga  dapat menciptakan efek sebaliknya.

  • Panggang Sesuatu yang Baru

Menurut Odors Away, memanggang sesuatu yang manis, seperti kue atau makanan penutup (yang sempurna untuk melengkapi hidangan ikan Anda), dapat menggantikan bau amis.

  • Pilih Metode Memasak yang benar

Hal penting lainnya adalah dengan mengingat bahwa tingkat bau amis bergantung pada cara Anda memasaknya.

Seperti yang disarankan oleh Reader's Digest, menggoreng bisa menjadi metode yang akan meninggalkan bau. Sedangkan teknik lain, seperti memasak dalam aluminium foil atau kertas dapat meminimalkan bau yang berkelanjutan.

  • Bungkus Daging

Membungkus daging adalah cara yang bagus untuk menahan baunya, bahkan saat membuang sisa makanan atau potongan yang tidak terpakai.

Pilihan lain adalah segera mengeluarkan limbah sisa makanan dari rumah Anda untuk memasukkannya ke dalam kantong sampah atau pembuangan wastafel.

  • Beli Daging atau Ikan Segar

Perlu diketahui, tidak ada potongan daging atau ikan mentah yang seharusnya berbau menyengat. Jika Anda terganggu oleh bau busuk atau amis saat mengeluarkannya dari kemasan, buanglah segera.

Selain itu, bau yang menjijikkan berarti ikan tersebut tidak segar dan dapat berbahaya untuk dimakan. Sebagai aturan umum, ikan tidak boleh berbau sampai disiapkan.

  • Buka Jendela di Rumah Anda

Terdapat trik lain untuk mempersiapkan rumah Anda untuk memasak ikan adalah dengan cara menjaga sirkulasi udara sebelum, selama, dan setelah menyiapkan makanan Anda. Kemudian jika cuaca memungkinkan, buka jendela atau coba gunakan kipas angin.

Selain menghilangkan bau amis pada piring, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari VOI dan follow semua akun sosial medianya!