Diangkat Jadi Dirjen Minerba Kementerian ESDM, Ini Profil Tri Winarno

JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia secara resmi melantik Tri Winarno sebagai Direktur Jenderal (Dirjen) Mineral dan Batu Bara (Minerba).

Pengangkatan Tri Winarno sebagai Dirjn Minerba termaktub dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 130/TPA Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dari dan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kementerian ESDM.

"Saya Menteri ESDM telah melantik saudara (Tri Winarno) sebagai pejabat pimpinan tinggi madya Kementerian ESDM," ujar Bahlil saat melantik Tri Winarno di Gedung Kementerian ESDM, Jumat, 20 September.

Sebelum diangkat sebagai Dirjen Minerba, Winarno menduduki jabatan sebagai Direktur Pembinaan Program Pengusahaan Mineral pada tahun 2022 hingga tahun 2024.

Sebelumnya pada tahun 2017 hingga 2022 ia menjabat sebagai Kepala Subdirektorat Pengawasan Penerimaan Minerba (Analis Kebijakan Ahli Madya).

Kemudian pada Agustus 2022 Tri Winarno juga diangkat sebagai Komisaris PT Borneo Alumina Indonesia.

Tri Winarno memperoleh gelar Doktor atau S-3 Teknik Pertambangan dari Freiberg University of Mining and Technology pada tahun 2016, Magister Geologi dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pada tahun 2006 dan Sarjana Teknik Pertambangan dari UPN Veteran Yogyakarta pada tahun 1997.

Berdasarkan catatan VOI, Tri Winarno pernah diperiksa oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai saksi atas kasus korupsi eks Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba.

“Pemeriksaan TW berkaitan dengan proses rekomendasi WIUP tambang di Maluku Utara yang dikeluarkan oleh Gubernur AGK,” kata Juru Bicara KPK Tessa Mahardika kepada wartawan dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 14 Agustus.