Kalender MotoGP 2025: Sirkuit Balaton Park Hungaria Masuk Daftar

JAKARTA - Daftar Sirkuit yang bakal jadi venue balap MotoGP 2025 mulai terbuka. Sirkuit Balaton Park di Hungaria menjadi lokasi keenam yang sudah tercantum untuk kalender MotoGP 2025.

"(Sirkuit) Balaton Park di Hungaria akan masuk dalam kalender MotoGP 2025. Sirkuit yang berada di dekat Danau Balaton sisi barat itu bakal melakukan peningkatan fasilitas," tulis keterangan resmi MotoGP dikutip Jumat, 20 September 2024.

Hungaria pertama kali menggelar level tertinggi balap sepeda motor pada 1990 di Sirkuit Hungaroring. Seri berikutnya digelar pada 1992 yang menjadi seri terakhir di sirkuit itu hingga saat ini.

Dengan masuknya Sirkuit Balaton Park dalam agenda MotoGP 2025, hal itu berarti akan menjadi debut setelah 32 tahun lalu. Sirkuit dengan lintasan sepanjang 4,1 kilometer itu dijadwalkan menggelar balapan pada 22-24 Agustus 2025.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Carmelo Ezpeleta atas kepercayaan yang diberikannya kepada kami selama bertahun-tahun dan tentu saja atas dukungan Pemerintah Hungaria," kata Chairman Humda Zrt, Balaz Weingartner.

"Kerja keras selama bertahun-tahun akhirnya membuahkan hasil. Kami masuk dalam kalender olahraga yang paling banyak ditonton di dunia," lanjutnya soal keikutsertaan Sirkuit Balaton pada musim depan.

Sementara itu, CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, menyambut baik kepastian Hungaria kembali menyelenggarakan MotoGP sekaligus World Superbike 2025.

"Sirkuit ini berada di lokasi yang spektakuler dan akan menjadi destinasi fantastis bagi para penggemar untuk datang dan menyaksikan olahraga paling seru di dunia ini," ujar Ezpeleta.

"Pekerjaan sedang dilakukan untuk mempersiapkan sirkuit agar dapat memulai debutnya yang bersejarah dalam kalender, menambah babak baru dalam sejarah Hungaria dalam balap motor Grand Prix. Kami sangat menantikan untuk kembali ke pasar utama di Eropa Tengah ini," tuturnya.

MotoGP Hungaria akan jadi agenda keenam. Sementara lima balapan lain yang sudah masuk ke dalam kalender adalah MotoGP Thailand, MotoGP Perancis, MotoGP Inggris, MotoGP Jerman, dan MotoGP Valencia.