Cara Sewa Motor di Thailand, Syarat, dan Harganya

YOGYAKARTA – Sewa motor di Thailand sangat direkomendasikan khususnya bagi turis dari Indonesia yang ingin berkeliling sambil menikmati pemandangan sekitar saat liburan di negara tersebut. Di negara tersebut ada banyak persewaan kendaraan pribadi termasuk sepeda motor. Terkait cara sewa motor di Thailand, sebenarnya tak berbeda jauh dengan prosedur yang diterapkan di Indonesia.

Cara Sewa Motor di Thailand

Sewa motor di Thailand hanya butuh beberapa menit saja karena prosedurnya tidak terlalu panjang asal syarat yang diminta sudah disiapkan. Berikut ini tata cara sewa sepeda motor di Thailand.

  1. Kunjungi tempat persewaan sepeda motor terpercaya

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengunjungi tempat persewaan sepeda motor yang terpercaya. Langkah ini dilakukan untuk menghindari praktik penipuan yang mungkin terjadi. Anda bisa menemukan tempat sewa sepeda motor Thailand lewat Google Maps atau bisa lewat internet. Biasanya agen persewaan berkantor di dekat fasilitas umum seperti bandara atau stasiun.

  1. Isi formulir dan melampirkan dokumen yang dibutuhkan

Penyewa akan diminta untuk mengisi formulir yang tersedia serta melampirkan dokumen yang dibutuhkan. Formulir yang harus diisi biasanya berupa data diri dan informasi lain yang berkaitan dengan persewaan seperti durasi sewa hingga tujuan berkendara.

Beberapa dokumen yang akan diminta oleh penyedia jasa sewa motor Thailand seperti kartu identitas hingga surat izin mengemudi.

  1. Menyerahkan deposit jaminan

Beberapa rental motor Thailand juga mengharuskan penyewa untuk mendepositkan sejumlah uang sebagai bentuk jaminan keamanan. Tak perlu khawatir karena nantinya uang deposit akan diserahkan kepada Anda saat mengembalikan unit.

  1. Rekam kondisi sepeda motor

Disarankan untuk melakukan perekaman video terhadap kondisi sepeda motor. Ambil video di bagian-bagian terkecil untuk memastikan bahwa kondisi sepeda motor saat diambil dan dikembalikan sama tanpa ada kerusakan.

  1. Minta surat kendaraan dan perlengkapan berkendara

Jangan lupa untuk meminta surat kendaraan serta perlengkapan berkendara seperti helm untuk dikenakan selama menggunakan motor rental tersebut.

  1. Lakukan pembayaran

Penyewa akan diminta untuk menyerahkan uang muka sesuai total harga sewa. Setiap rental punya nominal DP yang harus dibayar sehingga Anda harus bertanya berapa DP yang dibutuhkan.

Harga Sewa Motor di Thailand

Harus diketahui bahwa mata uang yang digunakan di Thailand adalah Baht Thai. Turis Indonesia harus menukarkan mata uang rupiah ke Baht Thai (TBH) agar bisa digunakan sebagai pembayaran sewa motor.

Dilansir dari Thailand Holiday Group, harga sewa motor Thailand ada yang dihitung per jam atau per hari sesuai kebutuhan. Namun rata-rata per haru yakni THB 150 hingga THB 300 atau sekitar Rp68.675 hingga Rp137.351. Harga bisa berubah-ubah tergantung banyak faktor, salah satunya adalah momen liburan karena banyak orang akan datang ke negara tersebut dengan alasan waktu terbaik liburan ke Thailand.

Itulah informasi terkait cara sewa motor di Thailand. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.