Pengamanan Penutupan PON 2024, 1.123 Personel Dikerahkan Jaga Stadion, Hotel VIP, dan Area Penting

JAKARTA - Upacara penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumater Utara 2024 akan dihelat di Stadion Utama Sumatera Utara, Deli Serdang, pada Jumat, 20 September 2024, malam WIB.

Wakil Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara, Brigjen Pol Rony Samtana, mengatakan 1.123 personel gabungan dari TNI, Polri, dan instansi lain dikerahka untuk menjaga keamanan upacara penutupan PON 2024.

"Ini akan mengamankan keseluruhan rangkaian kegiatan upacara penutupan," kata Rony dalam laman resmi PON 2024.

Rony mendetailkan personel gabungan itu terdiri dari 882 polisi, dan 241 personel TNI, Satpol PP, pemadam kebakaran, dan Dinas Kesehatan Sumatera Utara.

Kemudian, personel gabungan itu disiagakan untuk pengamanan empat objek utama, yakni tempat, orang, barang, dan kegiatan.

Pertama, tempat utama yang menjadi fokus pengamanan adalah Stadion Utama Sumatra Utara. Stadion ini telah siap digunakan untuk upacara penutupan yang akan dihadiri oleh para pejabat negara, atlet, dan masyarakat.

"Alhamdulillah, sampai pengecekan terakhir, stadion sudah siap untuk upacara penutupan," ungkap Wakapolda Rony.

Selain stadion, lokasi penginapan tamu-tamu VIP dan VVIP juga menjadi area yang akan dijaga ketat. Tamu penting yang hadir, termasuk para pejabat, akan menginap

di hotel yang sudah dipastikan keamanannya.

Kedua, pengaman orang dibagi ke dalam tiga kategori, yaitu VIP dan VVIP, atlet dan ofisial, serta masyarakat umum.

"Kami akan fokus pada pengamanan orang-orang yang secara posisi dan peran sangat penting," tuturnya.

Ketiga, pengamanan peralatan atau perlengkapan di area penutupan hingga kendaraan pengunjung. Terakhir, menyasar pengamanan kegiatan, baik di dalam Stadion Utama maupun pascapenutupan PON 2024.

"Kami siap melakukan pengamanan kegiatan upacara penutupan. Prinsip bagi kami adalah

bagaimana upacara penutupan berjalan tertib, lancar dan aman," kata Rony.

"Mohon kerja samanya untuk mematuhi aturan petugas," kata dia.

Diperkirakan acara penutupan PON 2024 akan dihadiri lebih dari 30.000 penonton. Sekitar 11 ribu di antaranya bisa masuk ke dalam Stadion Utama dan sisanya menyaksikan upacara penutupan melalui layar besar di luar stadion.

Awalnya, upacara penutupan PON 2024 direncanakan dihadiri Presiden Jokowi. Namun, kabar terbaru menyebut bahwab Presiden Jokowi akan diwakili Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendi.