Jokowi Batal Hadiri Penutupan PON 2024

JAKARTA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dipastikan tidak bisa menghadiri acara penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

Acara empat tahunan terbesar di Indonesia tersebut secara resmi akan ditutup pada Jumat, 20 September 2024, pukul 20.00 WIB, di Stadion Utama Sumut, Deli Serdang, Sumatra Utara.

Ketua Bidang Media dan Humas Panitia Pengawas dan Pengarah (Panwasrah) PON XXI 2024 wilayah Sumatera Utara, Raja Parlindungan Pane, mengatakan bahwa Jokowi akan diwakili oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendi.

"Kami berharap momen ini tetap dapat berlangsung meriah dan menjadi penutup yang indah bagi ajang olahraga terbesar di Tanah Air ini," kata dia dalam keterangan yang diterima.

Penutupan PON XXI rencananya akan tetap berlangsung meriah seperti pada saat pembukaan di Stadion Harapan Bangsa Aceh. Berbagai pertunjukan seni budaya dari Sumatra Utara dan Aceh yang dikemas dalam musik etnik dan tarian akan menghibur ribuan penonton.

Musisi asli Sumatra Utara, Viky Sianipar, dan grup musik Melayu, Lebah Begantong, kabarnya akan berkolaborasi dalam acara itu.

Lebah Beggantong akan tampil dalam dua sesi, masing-masing pada sore hari pukul 16.00 WIB dengan durasi satu jam dan malam hari pukul 21.00 WIB. Mereka kemudian lanjut berkolaborasi dengan Viky Sianipar dan semua artis di sesi malam itu.

Raja mengungkapkan bahwa dalam kesempatan tersebut Menko PMK juga akan memberikan penghargaan bagi atlet dan kontingen terbaik.

"Penutupan ini tidak hanya menjadi simbol berakhirnya PON XXI, tetapi juga sebagai ajang apresiasi bagi seluruh atlet, pelatih, dan panitia yang telah bekerja keras demi kesuksesan acara ini," ujar dia.

Panitia menyediakan tiket gratis untuk masyarakat yang ingin menyaksikan acara penutupan ini. Tiket itu bisa didapatkan secara online maupun offline. Untuk yang daring tersedia di https://pon2024.id/.