Bocoran Kuo: iPhone 17 Akan Gunakan Teknologi Chip 3nm, iPhone 18 Pro Akan Gunakan Teknologi 2nm

JAKARTA - Pada  Kamis, 19 September 2024, analis Apple terkemuka, Ming-Chi Kuo, mengungkapkan bahwa seri iPhone 17 tahun depan akan dilengkapi dengan prosesor yang menggunakan teknologi chip 3-nanometer (nm) terbaru dari TSMC. Sementara itu, hanya model iPhone 18 Pro pada tahun 2026 yang diperkirakan akan menggunakan teknologi prosesor 2nm generasi berikutnya dari produsen chip asal Taiwan tersebut, karena pertimbangan biaya.

Teknologi chip 3nm dan 2nm mengacu pada generasi teknologi pembuatan chip yang masing-masing memiliki seperangkat aturan desain dan arsitektur. Angka yang lebih kecil pada teknologi chip umumnya menunjukkan ukuran transistor yang lebih kecil, yang memungkinkan lebih banyak transistor dipasang pada satu chip. Hal ini biasanya menghasilkan peningkatan kecepatan pemrosesan dan efisiensi daya yang lebih baik.

Pada tahun lalu, Apple telah mengadopsi chip 3-nanometer untuk iPhone dan Mac-nya. Chip A17 Pro yang terdapat pada model iPhone 15 Pro dan chip seri M3 pada Mac dibuat dengan proses 3-nanometer, sebuah peningkatan dari node 5nm sebelumnya. Seri iPhone 16 tahun ini menggunakan chip A18 yang dibangun dengan proses 3-nanometer generasi kedua, sehingga lebih efisien dan lebih cepat dibandingkan chip A16 Bionic yang digunakan pada model iPhone 15.

TSMC merencanakan untuk memulai produksi chip 2nm pada akhir tahun 2025, dan Apple diperkirakan akan menjadi perusahaan pertama yang menerima chip yang dibuat dengan proses baru ini. TSMC sedang membangun dua fasilitas baru untuk produksi chip 2nm dan sedang dalam proses persetujuan untuk fasilitas ketiga. TSMC biasanya membangun pabrik baru ketika perlu meningkatkan kapasitas produksi untuk menangani pesanan chip yang signifikan, dan saat ini TSMC sedang melakukan ekspansi besar-besaran untuk teknologi 2nm.

TSMC menginvestasikan miliaran dolar dalam teknologi chip baru ini, sementara Apple harus menyesuaikan desain chip-nya. Sebagai pelanggan terbesar TSMC, Apple biasanya mendapatkan akses prioritas ke chip terbaru. Misalnya, pada tahun 2023, Apple membeli seluruh produksi chip 3-nanometer awal dari TSMC untuk iPhone, iPad, dan Mac-nya. Kemitraan ini sering kali memungkinkan Apple untuk mengintegrasikan teknologi semikonduktor canggih ke dalam produk-produk mereka sebelum pesaing lainnya.

Di antara node 3nm dan 2nm, TSMC akan memperkenalkan beberapa perbaikan baru pada teknologi 3nm. TSMC telah meluncurkan chip N3E dan N3P yang merupakan proses 3nm yang ditingkatkan, dan masih ada chip lain yang sedang dikembangkan seperti N3X untuk komputasi kinerja tinggi dan N3AE untuk aplikasi otomotif.