Honda HR-V Facelift Terdaftar di NJKB, Bakal Segera Meluncur di Indonesia?

JAKARTA - Pada Maret lalu, Honda meluncurkan facelift dari HR-V facelift untuk pasar Jepang. Di negeri Sakura, SUV bertubuh kompak ini diberi nama Vezel dan mengalami sejumlah perubahan.

Setelah itu, pabrikan berlogo ‘H’ ini membawa model tersebut ke sejumlah pasar termasuk Thailand. Tidak hanya dari segi tampilan dan fitur yang lebih baru, mobil ini juga dibekali dengan powertrain e:HEV atau hybrid yang dikembangkan oleh Honda.

Usai diperkenalkan di negeri gajah putih, ada potensi bahwa model tersebut akan tiba di pasar Indonesia. Ini dibuktikan dengan HR-V facelift dimasukkan ke daftar Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NKJB) Provinsi DKI Jakarta.

Berdasarkan penelusuran VOI, Rabu, 18 September, mobil tersebut dimasukkan ke daftar laman samsat-pkb.jakarta.go.id dengan kode ‘RV58’ terdiri dari dua model, yang pertama ialah CVT ZZ dan CVT ZZ.

Dugaan bahwa itu merupakan Honda HR-V facelift ialah kode ‘RV5’ merujuk pada model generasi saat ini. Kode ini digunakan oleh pabrikan untuk mengidentifikasi model dalam lini keluarga HR-V.

Dalam daftar tersebut, model pertama dengan kode ‘RV58 CVT ZZ’ diberi dengan harga jual mulai dari Rp328 juta. Sementara itu, ‘RV58 RS CVT ZZ’ memiliki nilai jual senilai Rp372 juta.

Perlu diingat bahwa harga yang terdaftar di situs NKJB belum mencakup semua pajak penjualan seperti BBNKB, PPh, PPN, dan lain-lain. Sehingga harga yang sebenarnya mungkin berbeda ketika mobil ini dipasarkan di Indonesia.

Berbicara soal HR-V facelift, model ini menampilkan bagian depan yang lebih baru dengan desain yang ramping dan grill lebar seperti halnya model Elevate untuk pasar India.

Selain itu, bagian belakang juga mendapat pembaruan pada lampu belakang yang menampilkan palang merah ramping, membuat desain mobil ini terlihat lebih kompak dari sebelumnya.

Sementara itu, dapur pacunya tak ada perubahan dari versi sebelumnya. Dengan demikian, masih menggendong mesin Atkinson 1,5 liter yang disedot secara alami yang dipadukan dengan e-CVT dan dua motor listrik. Motor penggerak pada model pra-facelift menghasilkan tenaga 131 PS dan 253 Nm, dengan konsumsi bahan bakar yang diklaim sebesar 25,6 km/l.