Cara Mudah Menghapus Akun Google yang Sudah di Hack

JAKARTA - Peretasan marak terjadi di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Tidak hanya menyerang individu, insiden siber ini seringkali menargetkan perusahaan-perusahaan besar atau bahkan Kementerian/Lembaga pemerintahan. 

Maka dari itu, sangat penting untuk kita menjaga data pribadi milik kita sendiri. Apalagi menjaga keamanan akun Google Anda, yang mungkin terhubung dengan beberapa layanan krusial seperti keuangan, dokumen penting, dan lain sebagainya. 

Jika Anda menemukan akun Google Anda telah diretas, sangat penting untuk menggunakan Pemeriksaan Keamanan dari Google untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagian mana dari akun Anda yang diakses tanpa izin Anda.

Dari sana, Anda kemudian akan bisa mempertimbangkan langkah-langkah apa saja yang sebaiknya diambil, seperti mengunduh semua file dan data yang berada di akun tersebut atau mungkin menghapus akun yang diretas.

Jika Anda sudah memutuskan untuk menghapus akun tersebut, maka perlu diketahui bahwa jika Anda memiliki lebih dari satu Akun Google, menghapus satu akun tidak akan menghapus yang lain. Jadi, tenang saja. 

Untuk menghapus akun Google yang telah diretas, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka opsi Data & Privasi di Akun Google Anda
  2. Gulir ke bawah dan pilih opsi Your data & privacy 
  3. Pilih  More options and then Delete your Google Account
  4. Ikuti petunjuk untuk menghapus akun Anda.

Ketika Anda menghapus Akun Google, maka data yang terkait dengan akun Gmail tersebut juga akan terhapus. Sehingga, Anda tidak dapat lagi masuk ke akun Gmail tersebut.