Silent Walking Jadi Olahraga Penghilang Stres Gen Z, Ini Penjelasannya

YOGYAKARTA – Media sosial TikTok kembali memunculkan trend olahraga baru yang digandrungi Gen Z yakni silent walking. Di media sosial tersebut banyak konten kreator ikut mempromosikan silent walking yang diyakini mampu menjaga kebugaran tubuh serta menjaga kesehatan mental. Lantaran hal tersebut banyak yang menganggap bahwa silent walking adalah olahraga penghilang stres Gen Z.

Silent Walking Adalah Olahraga Mudah

Secara sederhana, silent walking adalah sebuah tantangan berjalan kaki tanpa mengenakan alat tertentu yang berpotensi mendatangkan kebisingan atau gangguan kehidupan kita yang modern. Silent walking juga dikaitkan dengan meditasi dengan cara berjalan.

Dilansir dari British GQ, ada alasan mengapa silent walking diidentikan dengan praktik meditasi berjalan karena kegiatan tersebut mampu mengurangi kebisingan.

Michelle Justice, instruktur yoga dan pendiri Nature Sound Retreat mengatakan bahwa silent walking membantu menghilangkan kebisingan serta gangguan yang berasal dari kehidupan modern. Aktivitas tersebut justru mendorong seseorang untuk tetap bergerak sambil menyelaraskan napas dengan irama langkahnya.

"Anda dapat sepenuhnya membenamkan diri dalam perjalanan itu sendiri - mengamati pola cahaya yang bergeser menghiasi jalan di depan, merasakan berbagai tekstur di bawah kaki, memperhatikan aroma halus yang terbawa angin," kata Michelle Justice dikutip dari British GQ.

Lalah Delia, penulis buku mindfulness 'Vibrate Higher Daily' menilai, trend silent walking bukan hal yang benar-benar baru. Pasalnya para biksu Budha Zen sebelumnya sudah melakukan kegiatan tersebut sejak lama, hanya saja memiliki nama yang berbeda.

"Mereka menyebutnya 'meditasi berjalan'," jelas Delia.

Cara Melakukan Silent Walking

Seperti dijelaskan sebelumnya, silent walking dilakukan dengan menjauhkan perangkat modern yang berpotensi mendatangkan gangguan. Artinya pejalan harus menjauhkan perangkat seperti earphone bahkan smartwatch atau smartband karena keduanya berpotensi mendatangkan gangguan. Untuk melakukannya, berikut cara melakkan silent walking.

  • Pilih rute yang tidak banyak terlalu banyak gangguan seperti lalu lalang kendaraan bermotor atau pedagang kaki lima
  • Pilih waktu yang tenang bisa saat pagi atau sore hari
  • Usahakan untuk minum dan makan sebelum silent walking agar rasa haus dan lapar tidak jadi gangguan
  • Lakukan kegiatan tersebut sendiri
  • Rasakan bagaimana Anda bernapas yang menghirup udara di sekitar Anda
  • Nikmati keindahan alam dan suasana di sepanjang perjalanan
  • Lakukan perenungan selama melakukukan silent walking

Manfaat Silent Walking

Pada dasarnya manfaat kesehatan silent walking sama dengan manfaat jalan kaki 30 menit setiap hari. Misalnya, silent walking membantu membakar kalori atau meningkatkan kebugaran tubuh.

Manfaat utama yang justru ditawarkan oleh silent walking adalah membantu meningkatkan kesehatan mental. Berjalan dengan keheningan membantu memunculkan rasa senang karena dipercaya mampu meningkatkan kadar endorfin, serotonin, dan dopamin yang membantu menambah rasa senang serta menekan kecemasan.

Silent walking adalah kegiatan yang cukup menyenangkan. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.