Cak Imin Tunjuk Gen Z 23 Tahun Ais Shafiyah Asfar Jadi Ketua Harian PKB

JAKARTA - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar menambah jabatan Ketua Harian dan Wakil Ketua Harian DPP PKB periode 2024-2029. Mayoritas yang mengisi jabatan tersebut merupakan kalangan gen Z dan millenial.

Cak Imin menunjuk gen Z berusia 23 tahun menjadi Ketua Harian DPP PKB bernama Ais Shafiyah Asfar. Ais merupakan kandidat Doktor Universitas Airlangga dan merupakan lulusan S1 dan S2 Cardiff University, Inggris.

"Ais ini juga adalah calon legislatif PKB terpilih di DPRD Surabaya, Kota. Kita tarik ke Jakarta," kata Cak Imin di kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Rabu, 18 September.

Cak Imin menjelaskan alasan dirinya menambah susunan Ketua Harian yang bertugas membantunya untuk mengorganisir atau mengelola DPP PKB.

"Ketua Harian ini berfungsi langsung mengambil tanggung jawab pengorganisasian dan implementasi program mewakili Ketua Umum sehari-hari. Jadi kalau Ketua Harian melaksanakan tugas harian, maka Ketua Umum bertanggung jawab kepada seluruh program secara umum," urai Cak Imin.

Sementara itu, Wakil Ketua Harian diisi oleh Najmi Mumtaza Rabbani. Najmi yang berusia 27 tahun berpengalaman sebagai Kapten Ubah Bareng Jabodetabek, sekaligus Jubir Timnas Amin pada Pilpres 2024.

Sedangkan Wakil Ketua Harian Riezal Ilham Pratama yang berusia 26 tahun merupakan Sarjana Ilmu Pemerintahan Fisip Unpad Bandung dan pernah menjadi Ketua BEM FISIP Unpad 2019, serta Gielbran Muhammad Noor yang masih menjadi mahasiswa Fakultas Peternakan UGM di usia 23 tahun saat ini.

Kemudian, Wakil Ketua Harian Nadya Alfi Roihana yang merupakan S2 Psikologi Industri pada usia 28 tahun, Muhammad Aji Pratama seorang stand up komedian berusia 24 tahun, dan Lukman Maulana yang merupakan lulusan S2 Fakultas Ekonomi Bisnis UI di usia 29 tahun.

"Kita berharap dengan Ketua dan Wakil Harian yang masih muda usianya, mereka ini mengalami seleksi panjang dari berbagai daerah. Ada yang belum berpartai sama sekali, Ada yang masih mahasiswa, Ada yang sudah mencoba partai-partai, Ada yang sudah memang PKB dari awal," papar Cak Imin.

Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaod menjelaskan susunan lengkap pengurus DPP PKB di periode baru ini telah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) tak lama setelah gelaran Muktamar ke-6.

"Yang jelas pengurus DPP PKB sudah terdaftar di Menkumham dan memang kalau ada perubahan itu biasa revisi-revisi. Yang jelas, visi PKB merekrut anak muda hari ini dibuktikan dan akan terus dijalankan," ucap Jazilul.