Kencan Singkat Bareng Neta X: Fitur Berlimpah, Nyaman Maksimal

JAKARTA - Mulai banyak parikan asal China yang meramaikan segmen Sport Utility Vehicle (SUV) listrik di Indonesia, termasuk PT NETA Auto Indonesia yang tak lama lagi akan meluncurkan Neta X.

Sebelum resmi meluncur di Indonesia dalam beberapa minggu kedepan, Tim VOI berkesempatan menjajal langsung Neta X selama seharian penuh, dengan rute berkeliling Jakarta hingga ke Pantai Indah Kapuk (PIK) 2.

Lantas bagaimana rasa berkendara mobil ini ketika melewati kemacetan Jakarta dan tenaga yang dihasilkan? Yuk simak ulasan berikut ini.

Desain Neta X

Sebelum membahas lebih dalam soal rasa berkendaranya, tak lengkap rasanya kalau tidak membahas desain SUV satu ini, baik dari sisi eksterior maupun interior. Ya, dari desain eksterior mobil ini mobil listrik satu ini memiliki tampilan modern dan futuristik. Apalagi sudah dilengkapi high tech dengan L-Shape LED DRL, Camera 360 di bagian depan, samping dan belakang yang membuat berkendara terasa lebih aman, serta penggunaan Full LED Headlights dengan Intelligent High Beam yang membantu pencahayaan jalan menjadi terang dan berkendara lebih nyaman. Untuk di bagian belakang, NETA X sudah dilengkapi Continuous Tail light sehingga jelas terlihat di malam hari dan lebih futuristik, serta Electric Power Tailgate yang dapat membuka dan menutup pintu bagasi secara otomatis sehingga lebih praktis.

Sementara itu, pada bagian dalam mobil satu ini tergolong sangat nyaman kabin yang luas berkat dimensinya yang diklaim menjadi terdepan di kelasnya dengan panjang 4.619 mm x lebar 1.860 mm x tinggi 1.628 mm yang dipadukan wheelbase 2.700 mm. Bahkan, 80 persen interiornya sudah dilapisi dengan bahan soft leather dan alcantara, sehingga membuat kabin terasa mewah dan nyaman.

Rasa berkendara Neta X

Setelah panjang lebar membahas desainya, mari mulai membahas rasa berkendaranya. Ketika masuk ke dalam kabin dan jadi pengemudi tergolong sangat nyaman, apalagi pengaturan kursinya juga sudah elektrik membuat pengguna dengan mudah menyesuaikan tingkat kenyamanan. Setir kemudinya juga didesain sangat minimalis, bahkan hampir tidak ada tombol satupun yang artinya semua disematkan pada layar tengah. Nah, tentunya kondisi ini memang sangat membantu tetapi membutuhkan waktu untuk sedikit mempelajari penggunaan setiap fungsi pada layar tersebut. Selain itu, pada bagian sein juga ada dibelakang setir kemudi sebelah kanan, berbeda dengan mobil pada biasanya yang membuat harus terbiasa.

Perjalanan dimulai dari dealer Neta di Kelapa Gading menuju berbagai destinasi pariwisata di Jakarta. Tingginya volume kendaraan alhasil bisa merasakan handlingnya ketika menyalip, hasilnya cukup baik. Perjalanan berlanjut daerah PIK 2 dan merasakan berbagai kontur jalan yang berbeda, ketika melewati jalan berlubang suspensinya cukup dewasa dan pengeremannya juga sangat nyaman tak menyentak.

Soal tenaganya juga tergolong instan dan tidak limbung ketika diajak akselerasi. Sebagai catatan, Neta X memiliki output daya maksimum 120kW (175 hp) dan torsi 210 Nm untuk memberikan pengalaman berkendara lebih bertenaga hingga mampu berakselerasi dari 0 ke 100 Km/h hanya dalam 9.5 detik dengan top speed 150 Km/h. Sumber tenaga yang dihasilkan motor listrik tersebut berasal dari baterai Lithium Ferro Phosphate (LFP) berkapasitas 63.56 kWh, sudah dilengkapi Liquid Cooling HEPT 4.0 dan bersertifikat IP68+ Sealing Grade sehingga aman melintasi genangan air.

Fitur

Banyak fitur menarik disematkan pada mobil satu ini yang tentunya sangat membantu pengguna. Bagian depan kabin, sudah dilengkapi dengan Wireless Phone Charging, Intelligent Central Control Screen berukuran 15.6 inch yang tampilannya dapat diatur menjadi Split-screen Design, dan Floating D-shaped Steering Wheel. NETA X juga sudah tersemat fitur V2L (vehicle-to-load), Cockpit Cerdas Terhubung untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih memuaskan dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat modern yang dinamis. Semakin lengkap berkat hadirnya fitur keselamatan Advanced Driving Assistance System (ADAS) lewat penyematan 11 High Precision sensor dengan fitur diantaranya Automatic Emergency Braking (AEB), Lane Changing Assist (LCA with BSD), Lane Departure Warning (LDW), Lane Keep Assist (LKA), yang dapat memberikan proteksi maksimal saat berkendara.

Harga dan peluncuran

Neta sendiri sudah membuka pre order mobil satu ini pada ajang GIIAS 2024 Juli lalu, dimana kisaran harganya ada di angka Rp400 jutaan. Mobil ini juga akan meluncur dalam waktu dekat dan segera dikirimkan ke pelanggan yang sudah memesan.

Kesimpulan

Secara keseluruhan mobil ini tergolong nyaman saat dikendalikan apalagi dilengkapi dengan segudang fitur mumpuni. Hanya saja, ada beberapa hal yang memang menjadi perhatian khusus seperti hilangnya tombol fisik yang membuat pengguna harus belajar lebih dalam, dan terbiasa.