Lorde Kirim Chappell Roan Tips Hadapi Ketenaran dan Racun di Dalamnya

JAKARTA - Setahun terakhir, karier Chappell Roan mengalami lesatan yang tinggi. Lagu-lagunya mulai menyerbu chart musik dengan jumlah stream yang meningkat.

Menjadi tenar dalam waktu cukup singkat, Chappell menghadapi hal-hal yang belum pernah ia temui sebelumnya. Termasuk perlakuan penggemar yang kadang kelewat batas.

Beberapa waktu lalu penyanyi asal Amerika Serikat itu mengungkap rasa kagetnya saat menghadapi kelakuan penggemar. Ia merasa aneh saat namanya terus dipanggil, difoto diam-diam hingga dikuntit.

"Saya merasa ketenaran itu melecehkan. Suasana seperti ini – menguntit, membicarakan hal-hal buruk secara online, [orang-orang] yang tidak akan membiarkan Anda sendirian, meneriaki Anda di depan umum – adalah suasana mantan suami yang kasar. Seperti itulah rasanya. Aku tidak tahu rasanya akan seburuk ini,” katanya kepada The Face, dikutip dari NME, 16 September.

Tentu ia menentang sikap-sikap yang terlalu melanggar privasi. Ia tak ingin menormalisasi tindakan tersebut hanya karena ia figur publik.

Setelah postingan itu viral, sejumlah penyanyi mengirim pesan padanya. Salah satunya Lorde, yang memberikan tips untuk menghadapi hal-hal negatif akibat popularitas.

"Dia mengirimi saya daftar hal-hal yang harus saya lakukan. Benar-benar menuliskan delapan hal yang dia harap akan diberitahukan seseorang kepadanya ketika dia mengalaminya. Dan dia telah melewati neraka. Dia masih sangat muda," tuturnya.

Belakangan Chappell Roan juga jadi sorotan saat dibuat marah oleh seorang fotografer di MTV VMAs. Ia tak segan melakukan hal yang menurutnya benar untuk melindungi harga diri dan privasinya.