Tersangka Upaya Penembakan Donald Trump Diduga Telah Berada di Kawasan Lapangan Golf Selama 12 Jam

JAKARTA - Seorang pria yang diduga bersembunyi selama hampir 12 jam dalam upaya yang tampaknya dilakukan untuk membunuh Donald Trump di lapangan golf miliknya di Florida, didakwa dengan dua kejahatan terkait senjata api pada Hari Senin, sehari setelah pihak berwenang mengatakan ia terlihat di semak-semak dengan senapan saat mantan presiden Amerika Serikat tersebut bermain di dekatnya.

Kunjungan Trump ke lapangan golf miliknya di West Palm Beach tidak termasuk dalam jadwal publiknya, kata penjabat Direktur Secret Service AS Ronald Rowe kepada wartawan pada Hari Senin sore, dan tidak jelas apakah tersangka mengetahui Trump akan berada di sana.

Secret Service melepaskan tembakan setelah seorang agen yang sedang menyapu lapangan melihat laras senapan menyembul dari semak-semak beberapa ratus meter dari mantan presiden, yang berada di fairway hole kelima.

Menurut dokumen pengadilan pada Hari Senin, pria bersenjata itu melarikan diri dengan sebuah kendaraan sport. Petugas menemukan senapan serbu berisi peluru dengan teropong, kamera digital, dan sekantong plastik berisi makanan tertinggal.

Seorang tersangka, yang diidentifikasi pada Hari Senin sebagai Ryan Routh (58) ditangkap sekitar 40 menit kemudian saat berkendara ke utara di Interstate 95. Plat nomor kendaraannya dilaporkan dicuri dari mobil lain.

Catatan menunjukkan, telepon yang terkait dengan Routh ditemukan di lapangan golf mulai pukul 01.59 dini hari pada Minggu pagi, 11,5 jam sebelum insiden.

Tersangka berada di "sisi publik" pagar di sepanjang batas lapangan golf, kata Rowe, melansir Reuters 17 September.

Tersangka tidak pernah melihat calon presiden dari Partai Republik untuk pemilihan 5 November itu dalam jangkauan pandangannya dan tidak melepaskan tembakan apa pun.

Namun, insiden tersebut menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana seorang pria bersenjata dapat berada begitu dekat dengan Trump, hanya dua bulan setelah pria bersenjata lainnya menyerempet telinganya dengan peluru selama rapat umum pada tanggal 13 Juli di Butler, Pennsylvania.

Routh hadir sebentar di pengadilan federal di West Palm Beach pada Hari Senin, di mana ia didakwa atas kepemilikan senjata api sebagai penjahat yang dihukum dan kepemilikan senjata api dengan nomor seri yang dihapus. Dakwaan lainnya dapat menyusul.

Terdakwa menggunakan haknya untuk didampingi pengacara ketika penyidik ​​berusaha menanyainya, kata Rowe.

Trump telah menyatakan skeptisisme tentang jumlah bantuan yang diberikan AS kepada Ukraina dan telah berjanji untuk segera menga