Morrissey Kecam Johnny Marr yang Ambil Alih The Smiths tanpa Dirinya

JAKARTA - Hubungan mantan personel The Smiths, Johnny Marr dan Morrissey belum kunjung membaik. Alhasil masih ada perebutan yang sengit terkait karya-karya yang terdaftar atas nama The Smiths.

Morrissey baru-baru ini mengklaim jika Johnny telah mengambil alih seluruh hak cipta band mereka tersebut. Dalam unggahan di website resmi, ia mengungkap hal ini bisa berdampak buruk baginya.

"J Marr telah sukses mendaftarkan 100 persen hak dagang / kekayaan intelektual atas nama The Smiths. Pengajuannya telah diterima dengan sumpah dan klaim yang ia ucapkanm," tulis Morrissey.

"Tindakan ini dilakukan tanpa berkonsultasi dengan Morrissey dan tak memberi ruang bagi Morrissey untuk mengajukan keberatan," bunyi pernyataan itu lebih lanjut.

Konsekuensinya, Johnny Marr akan punya kuasa jika ingin menggelar tur The Smiths tanpa melibatkan Morrissey. Hal itu disayangkan sang vokalis yang telah mencetuskan nama band tersebut.

"Di antara banyak hal lainnya, hal ini berarti bahwa Marr sekarang dapat melakukan tur sebagai The Smiths menggunakan vokalis pilihannya, dan hal ini juga melarang Morrissey menggunakan nama tersebut sekaligus menghalangi penghidupan finansial Morrissey yang cukup besar. Morrissey sendiri yang menciptakan nama unit musik 'The Smiths' pada Mei 1982," tutupnya.