Medco Energi Kelola Blok Migas Amanah

JAKARTA - PT Medco Energi Internasional Tbk (MedcoEnergi) menjadi pemenang lelang untuk mengelola blok minyak dan gas (migas) Amanah yang berokasi di Sumatera Selatan.

Asal tahu saja, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengumumkan Hasil Lelang Penawaran Langsung Wilayah Kerja Migas I Tahun 2024 di Bali, Selasa, 3 September.

Dalam pengumuman tersebut, MedcoEnergi melalui PT Medco Energi Linggau mendapat kepercayaan mengelola Blok Amanah yang terletak di Sumatra Selatan.

Direktur dan Chief Operating Officer Ronald Gunawan mengatakan, MedcoEnergi melalui entitas baru dengan komposisi PT Medco Energi Linggau (Operator) sebesar 40 persen, PT Sele Raya sebesar 30 persen dan KUFPEC Regional Ventures (Indonesia) Limited sebesar 30 persen, akan menjadi Kontraktor untuk mengelola blok dengan luas wilayah kerja 1.753,15 kilometer persegi yang memiliki potensi cadangan minyak dan gas ini.

"Blok Amanah ini juga berdekatan dengan blok migas Medco E&P lainnya yang telah berproduksi sehingga dapat bersinergi," ujarnya dalam keterangan kepada media, Kamis, 13 September.

Sementara jenis kontrak blok ini adalah Production Sharing Contract dengan mekanisme pengembalian biaya operasi.

"Blok onshore ini sebelumnya merupakan open area," sambung dia.

Ronald menambahkan, Medco bersama dua mitranya mengajukan joint study kepada Ditjen Migas Kementerian ESDM untuk mengevaluasi potensi sumber daya dan keekonomian area tersebut.

“Hasil joint study menunjukkan adanya potensi yang layak untuk dieksplorasi secara ekonomis, sehingga PT Medco Energi Linggau bersama konsorsium menindaklanjuti hasil joint study tersebut sebagai usulan blok migas baru. Terima kasih kepada Pemerintah Indonesia atas kepercayaan yang diberikan untuk mengelola Blok Amanah. Kami berkomitmen untuk menjalankan tugas ini dengan sebaik-baiknya demi mendukung ketahanan energi nasional,” tandas Ronald.