Dikunjungi Dubes Rusia, Menhan Prabowo Berharap Terbangun Kerja Sama Pertahanan

JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto memiliki harapan agar RI menjalin kerja sama pertahanan dengan Rusia.

Hal itu disampaikan Prabowo saat menerima kunjungan Duta Besar (Dubes) Rusia untuk Indonesia Sergei Gennadievich Tolchenov di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Senin 9 September.

"Saya berharap kita dapat memperdalam kerja sama bidang pertahanan. Bersama-sama, kita dapat mengatasi tantangan keamanan bersama, dan berkontribusi pada perdamaian dan kesejahteraan global," kata Prabowo kepada Dubes Rusia sebagaimana dikutip dari siaran resmi Kemhan RI, Selasa 10 September, disitat Antara.

Dalam kesempatan itu, Menhan Prabowo juga mengucapkan terima kasih atas kunjungan Dubes Tolchenov.

Dubes Tolchenov resmi mengemban tugas baru sebagai perwakilan Rusia untuk Indonesia menggantikan Dubes Lyudmila Vorobieva yang pada bulan November 2023 juga sempat berpamitan kepada jajaran pejabat Kemhan RI sebelum kembali ke negaranya.

Menhan Prabowo dalam rangkaian lawatan luar negerinya ke beberapa negara Eropa di akhir Juli 2024 juga menyambangi Moskow dan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kepresidenan Kremlin.

Dalam pertemuan itu, Prabowo dan Putin membahas sejumlah isu strategis, di antaranya terkait dengan perjanjian zona perdagangan bebas antara Uni Ekonomi Eurasia dan Indonesia, kerja sama investasi dan pertahanan.

Prabowo dalam pertemuannya dengan Putin juga mendukung rencana Rusia membuka Kantor Konsulat Jenderal di Bali.

Indonesia dan Rusia pada tahun ini memperingati 75 tahun hubungan diplomatiknya. Dua negara menjalin kerja sama di berbagai bidang, terutama pertahanan, salah satunya latihan bersama antara TNI AL dan angkatan laut Rusia di Surabaya, Jawa Timur, yang dijadwalkan berlangsung untuk kali pertama pada November 2024.