Tencent Cloud Perkenalkan Inovasi AI dan Cloud Terbaru untuk Percepat Transformasi Digital

JAKARTA – Tencent Cloud memperkenalkan berbagai solusi Kecerdasan Buatan (AI) dan cloud terbaru di acara Tencent Global Digital Ecosystem Summit. Acara ini digelar di Shenzhen, China mulai Kamis, 5 September.

Dowson Tong, Senior Executive Vice President of Tencent sekaligus CEO of Cloud and Smart Industries Group (CSIG), mengatakan bahwa solusi terbaru ini diluncurkan untuk membantu perusahaan dalam mempercepat upaya transformasi digital pada bisnis mereka.

"Saat ini, banyak perusahaan mencari cara untuk berinovasi dalam model bisnis mereka. Dengan memanfaatkan digitalisasi untuk meningkatkan efisiensi, mengikuti tren terbaru, dan memperluas jangkauan global, mereka dapat meraih tingkat pertumbuhan dan inovasi yang lebih tinggi," kata Tong dalam keterangan yang VOI terima.

Tencent meluncurkan AI Infra, rangkaian solusi komputasi, penyimpanan, dan jaringan untuk mempermudah pengembangan dan pelatihan model-model besar. Selain itu, ada juga Tencent Hunyuan Turbo, model berbasis arsitektur Mixture of Experts (MoE) yang mampu mengurangi biaya inferensi hingga 50 persen.

Tak hanya AI Infra dan Tencent Hunyuan Turbo, pihak perusahaan juga meluncurkan teknologi Palm Verification di pasar internasional. Teknologi ini dibuat untuk memperluas penerapan autentikasi identitas yang aman dan berbasis AI.

Senior Vice President of Tencent Cloud International Poshu Yeung mengatakan bahwa solusi baru ini telah diuji secara global dan sudah digunakan di beberapa perusahaan. Telkomsel menjadi salah satu perusahaan yang mengadopsi teknologi ini untuk mendukung sistem pembayaran hingga manajemen akses keamanan di aplikasi.

"Rencana Ekosistem Palm Verification kami mengemas teknologi ini dalam bentuk kit yang serbaguna, memungkinkan mitra global dengan cepat mengadopsi dan mengintegrasikan teknologi kelas dunia ini untuk penerapan di pasar," jelas Yeung.

Masih banyak produk berbasis AI yang diperkenalkan di acara Tencent Global Digital Ecosystem Summit, seperti Knowledge Engine Platform, Digital Human, e-KYC, dan lainnya. Seluruh produk ini juga tersedia untuk pasar internasional.