Sutiyoso Kenang Panggilan "Bang Yos" Mulanya dari Rano Karno

JAKARTA - Mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso mengenang awal mula dirinya disapa "Bang Yos" saat menjabat Gubernur DKI Jakarta periode 1997-2007.

Ternyata, panggilan "Bang Yos" mulanya dicetuskan oleh Rano Karno yang saat itu menjadi bintang sitkom "Si Doel Anak Sekolahan."

"Yang paling terkesan, enggak pernah saya lupakan adalah nama 'Bang Yos' adalah yang ngasih itu Si Doel, itu yang ngasih nama Bang Yos," kata Sutiyoso saat menerima kunjungan bakal calon Gubernur-Wakil Gubernur Jakarta, Pramono Anung-Rano Karno di Museum Bang Yos, Jatisampurna, Bekasi, Jawa Barat, Kamis, 5 September

Sutiyoso mengulas, sapaan itu diungkap saat dirinya akan berpindah rumah dinas dari Jalan Teuku Umar ke Jalan Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat.

Pada saat itu, Si Doel, sapaan akrab Rano melakukan inisiasi acara pawai menjadi Gubernur DKI Jakarta dengan menaiki andong dan dikawal kendaraan oplet.

"Begitu lebih dikenal dari nama saya aslinya, ya sampai cucu saya kalau ditanya 'kamu cucu siapa, cucunya Bang Yos'. Terima kasih ya Si Doel, ya," ujarnya.

Sementara itu, Sutiyoso mengaku kenal Pramono saat menjabat Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan (PDIP). Kedekatannya berlanjut saat Pramono menjabata Sekretaris Kabinet (Seskab) pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Beliau (Pramono) ini sudah berapa kali ke rumah saya juga. Dulu dengan Mbak Mega juga pernah, pernah sendiri juga, sudah lama, dan juga pada saat pemerintahan Pak Jokowi yang periode pertama, bersama-sama di kabinet, beliau sebagai sekretaris kabinet, saya sebagai kepala BIN, jadi makin akrab, gitu," urai Sutiyoso.

Melanjutkan, Pramono menilai Sutiyoso adalah salah satu mantan Gubernur DKI Jakarta yang legendaris. Sutiyoso lah yang menggagas Transjakarta sejak tahun 2004 dengan model bus rapid transit. Ide pembangunan transportasi umum lainya juga digagas oleh Sutiyoso.

"Peninggalannya banyak banget, termasuk Transjakarta, rumah susun, termasuk Giant Sea Wall. Itu bukan hal yang baru. Salah satu penggagas utamanya adalah Bang Yos. LRT, MRT itu sudah dibahas juga di zaman Bang Yos," tuturnya.

"Kelebihannya Bang Yos, kemampinannya kuat. Tetapi beliau juga mendengarkan para ahlinya untuk itu," tandasnya.