WhatsApp Akan Hapus Aplikasi Berbasis Electron di Mac

JAKARTA – Saat ini, ada dua aplikasi WhatsApp yang bisa diunduh di Mac, yaitu WhatsApp asli dari Meta yang telah diperbarui dan disempurnakan serta WhatsApp berbasis Electron dengan kinerja yang kurang baik.

Dalam waktu dekat, hanya satu aplikasi WhatsApp yang bisa digunakan oleh pengguna Mac, yaitu aplikasi yang diluncurkan tahun lalu. Mengutip dari laporan WABetaInfo, WhatsApp dengan framework Electron akan dihapus dalam waktu kurang dari dua bulan.

Seluruh pengguna diminta untuk meninggalkan versi WhatsApp yang lama dan mengunduh aplikasi WhatsApp terbaru di App Store. Jika pengguna tidak ingin mengunduh aplikasi WhatsApp kembali, mereka bisa memakai situs web WhatsApp dan mengunduh aplikasi webnya.

Penutupan aplikasi WhatsApp berbasis Electron diumumkan melalui pop-up peringatan di dalam aplikasi. Perusahaan menjelaskan bahwa pesan dan kontak yang tersimpan akan tetap terlihat di aplikasi WhatsApp terbaru.

"Aplikasi ini tidak akan tersedia dalam 54 hari," kata WhatsApp dalam pop-up tersebut. "Untuk tetap menggunakan (aplikasi) di komputer ini, ganti ke aplikasi baru. Anda akan menemukan semua pesan dan kontak Anda di sana."

WhatsApp yang tersedia di App Store dibuat dengan teknologi Catalyst dan menggunakan aplikasi iPhone sebagai basis data. Basis data ini berjalan secara native di sistem Catalyst. Jika dibandingkan dengan Electron, aplikasi Catalyst jauh lebih baik.

Aplikasi berbasis Electron dibuat berdasarkan aplikasi web sehingga kinerjanya tidak begitu baik. Aplikasi ini juga memiliki beberapa batasan sehingga WhatsApp tidak akan mempertahankan aplikasinya lagi. Jika ingin beralih ke WhatsApp di App Store, Mac yang digunakan harus menjalankan macOS 11 atau yang lebih baru.