BYD Dolphin Bakal Kedatangan Saingan Baru dari Geely Geome Xingyuan, Intip Spesifikasinya

JAKARTA - Persaingan di segmen hatchback listrik semakin ketat dengan hadirnya Geome Xingyuan, pesaing baru dari BYD Dolphin. Model terbaru ini adalah produk dari Geely, yang baru saja mengungkapkan gambar resmi dari mobil tersebut.

Geome, yang sebelumnya dikenal sebagai Geometry dan merupakan merek independen di bawah Geely Group, mengalami perubahan setelah penjualannya kurang memuaskan. Kini, Geome diintegrasikan kembali ke dalam Geely sebagai seri khusus. Hingga saat ini, lini produk Geome mencakup enam model, yaitu Panda Mini, Panda Knight, G6, M6, E, dan A. Segera, hatchback Xingyuan akan menjadi anggota terbaru dalam keluarga Geome.

Menurut laporan dari Carnewschina, Selasa, 3 September, Geome Xingyuan hadir dengan desain yang segar dan modern. Mobil listrik ini memiliki bodi ramping dengan garis-garis halus, lampu depan yang unik, serta atap berwarna hitam yang menambah kesan sporty. Di bagian interior, mobil ini dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, seperti roda kemudi satu palang, instrumen LCD kecil, dan beberapa kompartemen praktis termasuk tempat gelas dan pengisian daya nirkabel.

Geely telah mengajukan permohonan izin penjualan untuk pasar China, dengan spesifikasi dimensi panjang 4.135 mm, lebar 1.805 mm, tinggi 1.570 mm, dan jarak sumbu roda 2.650 mm. Jika dibandingkan dengan BYD Dolphin, Geome Xingyuan sedikit lebih panjang dan lebih lebar, meskipun jarak sumbu rodanya lebih pendek.

Mobil ini ditenagai oleh motor listrik TZ160XS001 dari GLB Power yang mampu menghasilkan daya 78 hp. Kecepatan maksimal varian standar mencapai 125 km/jam, sementara varian yang lebih tinggi bisa melaju hingga 135 km/jam. Baterai LFP buatan CATL yang digunakan tersedia dalam dua pilihan, yakni pertama berkapasitas 30,12 kWh dengan jarak tempuh 310 km dalam hitungan CLTC, sedangkan untuk baterai 40,15 kWh mampu menempuh jarak 410 km dalam hitungan yang sama.

Soal harga, model ini ada dikabarkan akan dijual sekitar 80.000 yuan atau kisaran Rp174 jutaan. Seperti diketahui BYD Dolphin di China dibanderol 99.000 yuan atau kisaran Rp215 jutaan, dengan begitu lebih mahal sedikit dari model Geely.